Semarak Global Tiger Day di Banda Aceh

Minggu, 29 Juli 2018

Banda Aceh, 29 Juli 2018. Car Free Day Kota Banda Aceh di Jl. Daud Beureueh menjadi tempat gelaran peringatan Global Tiger Day (GTH) 2018 (29/7). Walikota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Balai KSDA Aceh dan Komunitas Tiger Heart serta dukungan dari BCA Cabang Utama Banda Aceh hadir di peringatan GTH dengan tema "Kearifan Lokal Untuk Konservasi Harimau Sumatera". Ratusan orang pengunjung Car Free Day turut meramaikan disertai berbagai aksi seperti Lukis Wajah (Face Painting), Orasi Pelestarian Harimau Sumatera, Lomba Mewarnai, Pertunjukan Barongsai serta Pameran Foto dan Bazaar.

Walikota Banda Aceh menyampaikan pentingnya upaya pelestarian harimau sumatera yang sudah terancam punah. Kegiatan penyadartahuan kepada masyarakat seperti kampanye di arena Car Free Day harus lebih digalakkan agar masyarakat luas lainnya peduli terhadap kelestarian harimau sumatera.

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan satu sub spesies harimau dari tiga sub harimau yang dimiliki Indonesia selain Harimau Jawa dan Harimau Bali, yang sudah dinyatakan punah. Di seluruh dunia, diketahui ada 9 sub spesies harimau, dan 3 diantaranya telah dinyatakan punah. Harimau sumatera sendiri saat ini sudah sangat terancam punah akibat habitatnya yang semakin menyempit, serta masih maraknya perburuan dan perdagangan harimau sumatera.

Di Provinsi Aceh sendiri, populasi harimau sumatera diperkirakan tidak lebih dari 200 individu, sedangkan populasi di seluruh sumatera diperkirakan kurang dari 500 individu. Upaya-upaya pengamanan habitat baik di dalan kawasan konservasi maupun di luar kawasan konservasi terus dilakukan disamping upaya untuk terus memerangi perburuan dan perdagangan harimau sumatera dan bagian-bagiannya.

Sumber : Balai KSDA Aceh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini