Gaungkan Konservasi Harimau Sumatera, Balai TN Bukit Tigapuluh Mengudara

Sabtu, 28 Juli 2018

Indragiri Hulu, 28 Juli 2018. Berbeda dengan peringatan Global Tiger Day tahun sebelumnya, tahun ini talkshow radio menjadi salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan peringatan Global Tiger Day tahun 2018. Memanfaatkan fasilitas radio milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indragiri Hulu Radio Swara Indragiri (SWAI) FM Frekuensi 90,20 FM, talkshow digelar pada Sabtu 28 Juli 2018 pukul 10.00 WIB. Darmanto SP,M.AP selaku Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) didaulat menjadi pengisi siaran bersama pihak Pemerintah Daerah Ir. Selamat, MM (Kepala Lingkungan Hidup Kab.Indragiri Hulu), Ahmad Fanani aktivis Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera (YPKHS) serta M. Nasir selaku tokoh masyarakat desa. Talkshow radio ini disiarkan secara live di Radio Swara Indragiri 90,20 FM juga live streaming di Fan Page official Bukit Tiga Puluh National Park. Dengan digelarnya talkshow radio ini, dukungan dari berbagai pihak terkait semakin besar dan kepedulian masyarakat semakin meningkat untuk melestarikan Harimau Sumatera.

Mengangkat tema Pelestarian Harimau Sumatera, talkshow berjalan dengan hangat. Suasana mencair dikala sang penyiar menggiring setiap pengisi siaran untuk menyampaikan profil dan visi misi instansi/lembaga. Kepala Balai TNBT menyampaikan bahwa visi TNBT adalah terwujudnya keutuhan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh sebagai perwakilan hutan hujan tropis perbukitan dataran rendah di Sumatera.

Informasi terkait potensi keanekaragaman hayati yang tersimpan di TNBT dan upaya pelestariannya turut disampaikan Darmanto, SP.,M.AP. Beliau menambahkan adanya peringatan Global Tiger Day ini salah satunya adalah untuk menggalang dukungan dan partisipasi publik dalam upaya pelestarian Harimau Sumatera di TNBT.

Pihak Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Indragiri Hulu menyatakan bahwa potensi kekayaan alam di TNBT wajib kita lindungi dan lestarikan dan Pemda Kab.Inhu selalu mendukung dalam upaya pelestarian Harimau Sumatera dan hutan TNBT.

Dari pihak Yayasan PKHS selaku mitra kerja TNBT, menyampaikan berbagai kegiatan konservasi Harimau Sumatera yang dilakukan selama ini. Berdasarkan data hasil monitoring kamera trap, dari 348 video harimau berhasil diidentifikasi sebanyak 58 individu harimau dewasa dan 3 ekor anak yang berusia kurang dari 6 bulan.

Selaku perwakilan masyarakat M.Nasir menjelaskan bahwa masyarakat yang hidup di dalam dan sekitar TNBT sudah sejak dulu menjaga Harimau Sumatera hanya saja masih terdapat oknum yang masih berniat, masyarakat hanya memanfaatkan hasil hutan yang ada di TNBT seperti petai, jernang, pinang dll. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai sadar dengan pentingnya manfaat hutan, masyarakat mulai berhati-hati dalam menggunakan api untuk mengelola lahan dan Harapan M.Nasir adalah masyarakat yang hidup di dalam dan sekitar TNBT dapat maju dari segi pendidikan dan kesehatan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini