Inventarisasi Kekayaan Alam Taman Nasional Batang Gadis Di Seksi PTN Wilayah II Kotanopan

Jumat, 27 Juli 2018

Hutan memiliki manfaat ekonomi yang sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil hutan yang beraneka ragam sehingga kebutuhan akan hasil hutan sangatlah diperlukan oleh masyarakat disekitar kawasan hutan terutama di dunia usaha dan wisata. Tanpa adanya kontrol oleh pemerintah dalam hal ini Balai Taman Nasional Batang Gadis sebagai Unit Pelaksana Teknis di daerah menjadi garda terdepan dalam melaksanakan pengamanan hutan. Desa Pastap Julu berada di Kecamatan Tambangan dengan ketinggian > 700 mdpl dengan jenis hutan hujan tropis. Desa Pastap Julu berdekatan dengan Hutan Lindung  dan  Taman Nasional Batang Gadis, mayoritas warga sebagai petani baik pertanian dan perkebunan Kopi , dengan pemanfaatan potensi yang ada baik dari segi  keanekaragaman hayati, fauna dan flora , pastap julu dipilih sebagai lokasi inventarisasi kekayaan alam . lokasi ini juga dipilih untuk mendukung eksowisata desa Pastap julu.

Selain melaksanakan kegiatan Inventarisasi ke dalam kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis tim melakukan sosialisasi dengan masyarakat desa penyangga dengan maksud melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman tentang arti penting dari fungsi hutan dan satwa. Inventarisasi kekayaan alam dilaksanakan bersama dengan Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara.

Metode pelaksanaan kegiatan Inventarisasi dilakukan berdasarkan rencana kerja, baik dari peralatan seperti peta kerja dan alat tekhnis. Tim berjalan kaki menyusuri Kawasan Hutan Taman Nasional Batang Gadis, mencatat segala bentuk pengamatan dan pengambilan track dan waypoint dengan Plot pengambilan data untuk Jernang 10m Space  10m Invent dan Untuk Bambu 20m Space 20m Invent sedangkan Untuk Aren Dan Anggrek Hanya Mengambil titik Koordinat Saja.

Tujuan dari kegiatan Inventarisasi kekayaan Alam di Kawasan Taman Nasional Batang Gadis adalah kegiatan pendataan keaneka ragaman tumbuhan Jenis Bambu, Anggrek dan Aren begitu juga dengan Hamparan Jernang, yang ditujukan guna mendapatkan data tentang kekayaan dan keragaman Tumbuhan di Kawasan tradisional, Taman Nasional Batang Gadis.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini