Hasil Pertemuan TN. Aketajawe Lolobata dengan Masyarakat Adat Kobe Sawai

Jumat, 27 Juli 2018

Sofifi, 27 Juli 2018. Pertemuan antara Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dengan masyarakat Desa Kobe Gunung dan masyarakat Desa Sawai Itepo berlangsung selama berjam-jam di Balai Desa Sawai itepo. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala SPTN Wilayah I Weda, Kepala SPTN Wilayah III Subaim, anggota TNI dan Polri serta tokoh masyarakat kedua desa.

Terdapat beberapa paparan dalam acara tersebut. Kepala SPTN Wilayah I memaparkan tentang pengelolaan TNAL yang saat ini mengedepankan kebijakan pro rakyat dengan program-program kemitraan. Begitu juga dengan paparan dari kedua pejabat eselon IV lainnya, yaitu memaparkan tentang gambaran umum TNAL dan 10 cara baru dalam pengelolaan kawasan konservasi, sesuai arahan Dirjen KSDAE, dimana salah satunya ialah menjadikan masyarakat sebagai subjek pengelolaan.

Masyarakat masih memiliki kehawatiran dengan keberadaan taman nasional. Kekhawatiran tersebut antara lain dibatasinya masyarakat dalam mengelola hutan dan pemberdayaan masyarakat yang tidak berkelanjutan. Terkait hal tersebut Balai TNAL akan memberikan ruang dan dukungan terhadap pengelolaan kawasan ini dengan berkolaborasi bersama masyarakat.

Meskipun masyarakat belum sepenuhnya menerima TNAL namun ada titik terang dari pertemuan ini, yaitu masyarakat mengajak TNAL turun kelapangan untuk memastikan keberadaan batas kawasan taman nasional dengan batas desa. Selain itu hampir semua peserta masyarakat bersedia menerima program dari Balai TNAL.

Program yang ditawarkan dalam waktu dekat adalah studi banding. Perwakilan dari masyarakat akan diajak melihat konsep pengelolaan secara kolaboratif berbasis masyarakat. Lokasi studi banding masih dipertimbangkan, karena harus memiliki kriteria yang sesuai dengan kondisi Balai TNAL saat ini, yaitu pengelola kawasan yang telah berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya dengan kegiatan kolaboratif.

 

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini