Pro Aktif Resort Coban Trisula (RCT) TN Bromo Tengger Semeru Menghadapi Musim Kemarau

Selasa, 24 Juli 2018

Malang, 24 Juli 2018. Sabtu dan Minggu 21-22 Juli 2018 Resort PTN Coban Trisula Seksi PTN II Tumpang Bidang PTN I Pasuruan melaksanakan aktivitas dalam rangka menghadapi musim kemarau dan kegiatan aksi sosial lainnya. Bambang Rudi atau lebih akrab di sapa BR menyampaikan bahwa menghadapi musim kemarau 2018 ini RCT melakukan kegiatan proaktif antisipatif berupa pengecekan dan uji coba mesin semprot air agar pada saat diperlukan mendadak tidak mengalami hambatan atau berfungsi efektif. "Alhamdulillah mesin masih berfungsi dengan baik dan mudah-mudahan bisa efektif saat di butuhkan", demikian sambung BR.

Lebih lanjut BR menyampaikan selain pengecekan alat kita melakukan koordinasi dengan Polsek Poncokusumo untuk mengaktifkan kembali peran posko Dalkarhutla yang sudah diresmikan oleh Kapolres Malang pada tahun 2017 lalu. Koordinasi ini mendapat respon positif dari Polsek Poncokusumo yang prinsipnya siap mengaktifkan kembali poskodalkarhutla yang ada di Jemplang RCT tersebut.

Tatag Hari Rudhata menambahkan, "kegiatan tanggal 21 dan 22 Juli 2018 tidak hanya persiapan menghadapi kemarau namun juga melaksanakan aktivitas pendukung kegiatan RCT lainnya, diantaranya : Pemasangan dan pengecatan bak sampah di 5 titik yang berpotensi menimbulkan masalah sampah diantaranya di shelter perisitirahatan; pembersihan jalan jarak ijo sebagai jalan masuk kampung jarak ijo sekaligus dapat difungsikan sebagai jalan alternatif menuju jemplang jika terjadi kemacetan di jalur utama; pengukuran dan pemasangan 81 patok areal budidaya terong belanda dalam rangka pemberdayaan masyarakat di zona tradisional; dan pemasangan tiang untuk spanduk informasi di Jemplang.

"Kegiatan tersebut kita laksanakan secara partisipatif dengan personil RCT dan masyarakat sebagai bentuk sinergitas antara TNBTS dengan masyarakat sekitar RCT. sinergitas ini akan terus di upayakan dalam bentuk kegiatan yang lebih luas dan lebih bermanfaat untuk TNBTS dan masyarakat sehingga mutualisme antara keduanya dapat memberikan dampak nyata bagi kelestarian TNBTS dan kesejahteraan masyarakat," demikian pungkas Tatag.

 

 

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini