Tim Ekspedisi SPW I TN Tesso Nilo Lakukan Pertemuan Dan Sosialisasi Dengan Warga Dusun Toro

Selasa, 24 Juli 2018

Pelalawan, 24 Juli 2018. Kegiatan ekspedisi TN. Tesso Nilo oleh SPW I LKB sampai kepada pertemuan dan sosialisasi kepada masyarakat. Pada ekspedisi kali ini tim temui dan beri sosialisasi pada masyarakat Dusun Toro, desa Lubuk Kembang Bunga.  Pertemuan dan sosialisasi dihadiri oleh Kepala Dusun Toro, Ketua RT, Ketua RW, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Kepada masyarakat Toro tim ekspedisi TN. Tesso Nilo SPW I lakukan kegiatan sosialisasi dan pertemuan mengenai  pengelolaan hutan, larangan perambahan hutan serta penanganan lahan terbakar. Usai sosialisasi, tim ekspedisi TN. Tesso Nilo SPW I dan masyarakat Toro gunakan waktu luang untuk saling mengakrabkan diri dengan  minum bersama serta berdiskusi ringan dengan sesama undangan pertemuan yang hadir.

Dari keterangan ketua tim ekspedisi TN. Tesso Nilo SPW I, Bapak Ashari, S.Hut dalam pertemuan dan sosialisasi yang dilaksanakan oleh tim ekspedisi bersama masyarakat, didapati beberapa kesepakatan yakni : (1) Kembali sepakat meniadakan Karlahut di kawasan dusun toro dan lahan-lahan yg terbakar dipasang garis polisi agar pemilik lahan menunjukkan diri, perangkat dusun siap mengawasinya; (2) Kembali sepakat untuk mempertahankan hutan tersisa dan jika ada yang ditangkap masyarakat tidak akan menghalangi petugas; (3) Hubungan antara TN. Tesso Nilo dengan masyarakat dusun Toro harus dijaga, saling menghormati dan menghargai, jangan ada paradigma musuh terhadap TN. Tesso Nilo utamanya petugas lapangan.

“Pertemuan dan sosialisasi yang kita laksanakan berjalan sesuai dengan harapan awal, masyarakat dusun Toro yang dulunya kontra dan berseberangan dengan TN. Tesso Nilo kini sepenuhnya sudah dapat kita ajak bekerja sama untuk mengelola hutan tersisa” ungkap Ashari, S.Hut.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini