Anak Gajah Kembali Lahir di Barumun

Kamis, 19 Juli 2018

Barumun, 19 Juli 2018. Berita menggembirakan lagi - lagi diterima dari Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, tentang kelahiran satu individu gajah dari induk yang bernama Carry. Anak gajah berkelamin jantan, dengan berat badan 117  kg, lingkar dada 116 cm, tinggi Badan 87 cm lahir pada hari Selasa, 17 Juli 2018, sekitar pukul 20.30 Wib. Kelahiran ini merupakan anak kedua dari gajah Carry. Carry adalah gajah jinak berusia 35 tahun yang berasal dari Palembang dan ditempatkan di Pusat Latihan Gajah (PLG)  Holiday Resort, Aek Raso, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Baru pada bulan Mei 2015 resmi pindah ke Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS).

Kondisi anak gajah sehat dan belum bisa menyusu pada induknya karena tinggi badan induk tidak terjangkau anak gajah. Saat  ini mahout memberikan susu yang di peras dari induknya dengan memakai dot, dan untuk menambah kebutuhan anak gajah diberikan tambahan susu formula. Anak gajah juga dilatih untuk bisa menyusu dari induknya dengan cara menaikkan anak gajah pada papan yang dibuat agak tinggi.

Pemantauan anak gajah dilakukan selama 24 jam oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) serta didampingi oleh drh. Anhar dari Vesswic sampai anak gajah mampu menyusu langsung pada induknya dan dinyatakan kondisinya dalam keadaan sehat dan stabil.

Peristiwa kelahiran gajah kali ini menambah populasi gajah di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary  (BNWS) yang semula 13 ekor menjadi 14 ekor. Kelahiran anak gajah sebelumnya adalah Fitri dari induk Dini  pada tanggal 16 Juni 2018 lalu. (Darmawan).

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini