Bimtek Pencegahan dan Pengendalian Karhut Lingkup Kab. Semarang dan Boyolali

Senin, 16 Juli 2018

Salatiga, 16 Juli 2018. Upaya meningkatkan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) khususnya dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, maka Balai Pengelolaan Hutan (BPH) Wilayah III, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan yang dilaksanakan pada tanggal 16 - 17 Juli 2018, bertempat di Tlogo Resort dan Goa Rong View, Tuntang, Salatiga.  Bimbingan teknis ini dihadiri oleh enam puluh (60) orang dari MMP dan MPA dari Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali.

Dalam kesempatan ini, disampaikan beberapa materi selama 2 (dua) hari, yaitu hari pertama disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, tentang Prakiraan Cuaca dan Perkembangan Iklim Jawa Tengah Tahun 2018.  Kemudian dilanjutkan paparan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Kepala BTN Gunung Merbabu, Kepala Perum Perhutani Divreg Jateng (cq. Kepala KPH Telawah), Kepala Perum Perhutani Divreg Jateng (cq. Kepala KPH Telawah), serta Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (cq Kepala SPTN II Boyolali Klaten) yang masing-masing menyampaikan mengenai Kesiapsiagaan dan Pengendalian Kebakaran Hutan di wilayahnya masing-masing, dan dilanjutkan dengan diskusi. 

Selanjutnya pada hari kedua, Ketua MMP dan MPA Kabupaten Boyolali memaparkan mengenai Kesiapan MMP dan MPA dalam Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan, dilanjutkan dengan Praktek Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan oleh Ketua MMP/MPA Kabupaten Semarang.

Selama ini para Unit Pelaksana Teknis (UPT) maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk perlindungan dan pengamanan hutan, selalu bekerja sama dengan masyarakat sekitar kawasan. Terkait dengan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, UPT serta SKPD bekerja sama dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini