Pengalaman Berbagai Negara di CITES Tree Species Programme Regional Meeting for Asia

Jumat, 22 Juni 2018

Jakarta, 22 Juni 2018. Pemerintah Indonesia (dalam hal ini Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati-Ditjen KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) berkolaborasi dengan Sekretariat CITES dan ITTO dengan pendanaan dari Uni Eropa akan menyelenggarakan kegiatan CITES Tree Species Programme Regional Meeting for Asia and The Second Regional Workshop on the Management of Wild and Planted Agarwood Taxa di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada tanggal 25-29 Juni 2018.

Pertemuan CITES Tree Species Programme Regional Meeting for Asia ini bertujuan untuk meninjau perkembangan pelaksanaan CITES Tree Species Programme di regional Asia dan pelaksanaan proyek masing-masing negara selanjutnya. Pertemuan akan dilanjutkan dengan Second Regional Workshop on the Management of Wild and Planted Agarwood Taxa yang bertujuan untuk berbagi pengalaman dari berbagai negara dalam pengelolaan populasi gaharu di alam dan hutan tanaman serta mencegah eksploitasi berlebihan dan memastikan perdagangan legal gaharu tidak melebihi tingkat keberlanjutannya. Hasil dari kedua pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan jejaring dan kerjasama antar negara anggota CITES terutama dalam hal pertukaran informasi dan teknologi serta meningkatkan kapasitas identifikasi dan sistem monitoring untuk mewujudkan perdagangan spesies yang sustainable, legal, dan traceable. . Hasil dari workshop ini akan dilaporkan kepada Plants Committee dan Standing Committee sebelum CoP 18 di Srilanka.

Dua pertemuan yang akan dilaksanakan selama 5 hari tersebut akan dihadiri oleh 40 orang perwakilan CITES Asia Range States yaitu Indonesia, Malaysia, Tiongkok, India, Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Bangladesh, dan Nepal; Sekretariat CITES; ITTO; dan Perwakilan dari Uni Eropa. Selain kegiatan lokakarya, peserta juga akan diajak mengelilingi berbagai daerah wisata di sekitar Yogyakarta.

Sumber : Direktorat KKH

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini