Piket Lebaran, Petugas SPW I Dan II TN Tesso Nilo Siagakan Patroli Kawasan

Kamis, 21 Juni 2018

Baserah, 21 Juni 2018 . Libur lebaran, Tim patroli TN Tesso Nilo tetap siagakan patroli dikawasan.  Kegiatan patroli ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kejadian kebakaran hutan di kawasan TN Tesso Nilo karena mulai memasuki bulan-bulan kemarau. Kegiatan patroli dilaksanakan di daerah rawan kejadian karhutla baik di SPW I LKB dan SPW II Baserah. Kegiatan patroli merupakan upaya pencegahan awal kejadian karhutla.

Kegiatan dimulai dari beberapa hari sebelum lebaran tanggal 12 Juni 2018, Tim SPW I LKB laksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan di kawasan Resort Lancang Kuning. Kegiatan patroli dilaksanakan oleh 4 (empat) orang personil dari TNTN, 1 (Satu) orang TNI, serta 1 (Satu) orang Polri. Tim patroli kebakaran dari SPW I melakukan ground check yang berada di 2 tempat yang sehari sebelumnya sudah ditinjau oleh tim.

Satu minggu setelah patroli kebakaran oleh Tim SPW I LKB, pada Senin tanggal 18 Juni 2018 patroli kembali dilaksanakan oleh Tim SPW II Baserah di Kawasan Resort Onangan Nilo. Kali ini pada patroli yang dilaksanakan, Tim menemukan bekas lokasi kebakaran seluas 0,5 Ha. Tim menemukan plang nama yang dipasang oleh TNTN dirobohkan. “Saat pelaksanaan patroil kawasan hutan kita menemukan sebuah alat berat tidak jauh dari lokasi kebakaran, hal ini akan kita koordinasikan dan serahkan kepada Penegakan Hukum untuk ditindak tegas”, ungkap Salah satu Tim patroli Anton Yus Jenri Simamora.

Sehari setelahnya, pada Selasa tanggal 19 Juni 2018, Tim SPW I LKB  kembali laksakan patroli namun di kawasan yang berbeda. Patroli dilaksanakan di Kawasan SPW I LKB Resort Air Hitam. Tim melakukan patroli menyisir daerah yg di anggap Rawan terbakar. Berdasarkan keterangan dari Dansat Brigdalkar TN Tesso Nilo, Killer Silaban, S.Hut, sehari sebelumnya tim sudah mencek ke lokasi tersebut dan tim menemukan pondok, tetapi penghuni tidak ditemukan dilokasi temuan.  “Sehari setelah patroli hari pertama, di hari Rabu pagi kami dari Tim kembali patroli ke daerah resort air hitam dan menemukan masyarakat di sekitar lokasi. Tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mengimbau agar tidak membakar areal perladangan/ bukaan lahan yg sudah di buka. Masyarakat pun menerima, dan mendengar himbauan dari Tim akan dampak dan bahaya dari kebakaran hutan", jelas Killer Silaban, S.Hut.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini