Tak Mampu Berkelit, Pemilik Kios Angkut Kembali Tumpukan Sampah Dari Kawasan TN Matalawa

Rabu, 20 Juni 2018

Waingapu, 20 Juni 2018. Sampah sampai saat ini menjadi sebuah permasalahan yang sangat pelik karena berhubungan dengan kesadaran masing-masing individu dalam menjaga kebersihan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya pun sampai turun tangan menangani sampah di jalur mudik lebaran.

Tak hanya di jalur mudik, kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang sebagian letak kawasannya berada di pinggir jalan utama, menjadi lokasi pembuangan sampah para individu maupun korporasi yang tidak bertanggung jawab. Seperti yang ditemukan petugas  pada hari Selasa (19/6), sampah bertumpuk pada pinggir kawasan yang terdiri dari sampah organik dan anorganik.

Setelah diidentifikasi, tumpukan sampah tersebut adalah milik sebuah kios di Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur. Petugas kemudian mendatangi pemilik kios dan melakukan pendekatan persuasif agar ia mau bertanggungjawab dan memungut sampahnya kembali. Pemilik kios bersedia bertanggungjawab  untuk membersihkan sampah dengan mengerahkan armada truk miliknya. Selain menuntut pertanggungjawaban memungut sampah, petugas juga memberikan pemahaman kepada pemilik kios untuk mengelola dan membuang sampahnya pada tempat yang telah disediakan.(omy/mtlw)

 

Sumber: BTN Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini