Masih Suasana Lebaran, Petugas Balai TN Rawa Aopa Watumohai Siaga Padamkan Api

Minggu, 17 Juni 2018

Langkolawa, 17 Juni 2018. Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN RAW) bersama dengan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II melakukan piket penjagaan dengan melibatkan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Piket bersama ini berhasil mengendalikan api yang membakar areal savanna dan hutan pada H+1 Lebaran (16/6/2018). Lokasi kebakaran terjadi pada Blok Hutan Rayu yang masuk kedalam wilayah Resort Langkowala SPTN Wilayah II dengan total luasan kebakaran adalah ± 3,5 hektar.  

Dugaan sementara api berasal dari ulah masyarakat yang melewati jalan umum yang berada didalam kawasan TN RAW yakni Jalan Poros Konsel-Bombana, untuk itu pelibatan masyarakat secara aktif seperti MPA dan MMP dalam membantu meminimalisir kebakaran hutan dan lahan disepanjang perlintasan (jalan umum) tersebut menjadi sangat penting dan perlu terus dikerjasamakan.  

Kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan terutama pada ekosistem savanna di kawasan TNRAW yang mudah terbakar selama cuti bersama dan menjelang masuknya musim kemarau akan terus ditingkatkan. Hal inu untuk meminimalisir berbagai dampak negatif yang ditimbulkan akibat dari kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Piket penjagaan yang dilakukan Balai TN RAW dan SPTN Wilayah II selama cuti bersama didasari oleh Surat Edaran Sekretaris Jenderal KemenLHK Nomor: SE.8/Setjen/Roum/Set-1/5/2018 tanggal 17 Mei 2018 tentang Pengaturan Cuti Bersama dan Surat Kepala Balai TN Rawa Aopa Watumohai Nomor: 285/T.22/TU/PEG/05/2018 tanggal 17 Mei 2018 perihal Data Petugas/Jadual Piket Hari Raya Idul Fitri 2018.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini