Press Realese : Upaya Maksimal Penyelamatan Seekor Anak Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) oleh Masyarakat Desa Pucok Pidie

Rabu, 02 Mei 2018

Pidie, 2 Mei 2018. Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh yang dipimpin oleh Kepala Wilayah 1 Lhokseumawe Bapak Dedi Irvansyah, SP bersama personil Pusat Konservasi Gajah Saree dan dibantu oleh PSKL Unsiyah melakukan evakuasi seekor anak Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin betina dengan usia diperkirakan ± 1 tahun yang terjerat di Desa Pucok Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie Provinsi Aceh yang terjerat di kawasan hutan sekitar desa tersebut dan diperkirakan anak Gajah Sumatera tersebut tertinggal dari kelompoknya.

Upaya penyelamatan/evakuasi anak gajah sumatera tersebut diawali oleh inisaitif warga masyarakat di desa tersebut yang mengetahui keberadaan anak Gajah Sumatera tersebut dan melakukan upaya penyelamatan dengan melepaskannya dari jeratan dan membawa ke desa, setelah anak Gajah Sumatera tersebut berhasil dibawa ke sekitar desa masyarakat melaporkan kejadian tersebut ke Tim Consrvation Responds Unit (CRU) Manee yang selanjutnya diteruskan ke Kantor Balai KSDA Aceh di Banda Aceh.

Hasil pemeriksaan Dokter Hewan Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Drh. Rossa secara umum kondisi fisik anak Gajah Sumatera tersebut cukup sehat hanya terdapat luka pada bagian kaki kiri akibat jerat dan kondisi terlihat strees yang kemungkinan diakibatkan oleh kerumunan warga pada saat  evakuasi berlangsung. Untuk penanganan lebih lanjut Anak Gajah tersebut dibawa ke Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree untuk perawatan lebih lanjut.

Dari kejadian ini kesadaran masyarakat akan upaya pelestarian dan konservasi satwa liar terutama Gajah Sumatera semakin meningkat dan koordinasi antara Personil BKSDA Aceh bersama mitra semakin solid dan terpadu. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh warga masyarakat Desa Pucok Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie Provinsi Aceh dan semoga akan ada warga desa-desa lainnya yang mengikuti tidak hanya di Provinsi Aceh tapi juga dibelahan bumi lainnya untuk kelestarian alam yang lebih baik.

 

Sumber : BKSDA Aceh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini