Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Survey Jalur Pendakian Gunung Merapi

Minggu, 01 April 2018

Selo – Boyolali, 30 Maret 2018. Kondisi pendakian jalur Merapi melalui New Selo menjadi perhatian bagi pihak nasional, juga Kementerian PPN/Bappenas. Sehingga pada kesempatan kali ini, Kementerian PPN/Bappenas melakukan kunjungan ke jalur pendakian Merapi, dengan dipimpin oleh Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas, Ir. Medrilzam, M.Prof.Econ, Ph.D. Sebanyak 10 orang dari Bappenas didampingi petugas Balai TN Gunung Merapi, serta basecamp Barameru dan basecamp Sapuangin melakukan pendakian Gunung Merapi melalui New Selo, 29 – 30 Maret 2018.

Dalam survey kali ini, merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendakian Gunung Merapi saat ini. Ditelaah juga bagaimana kondisi jalur, sarana prasarana, kesiapan SDM pengelola dan juga hal lain terkait peningkatan kualitas pengelolaan dibahas sambil melakukan pendakian dari basecamp hingga ke pasar bubrah. Harapannya ide-ide yang terlahir dalam perjalanan guna meningkatkan kualitas pengelolaan pendakian bisa muncul melalui perjalanan merasakan langsung jalur pendakian Gunung Merapi.

Berdasarkan pengamatan langsung, beberapa hal menjadi point positif pendakian Gunung Merapi seperti pengelolaan sampah dan juga potensi relawannya, sedangkan point yg perlu diperbaiki adalah perbaikan jalur, sarana prasarana, sistem registerasi, pengolahan sampah tahap lanjut, penambahan dan penigkatan SDM. Selain itu, SOP Pendakian perlu segera diterapkan, terutama kaitannya dengan jumlah pendaki yang naik ke puncak. Dan yang menjadi perhatian juga adalah pengelolaan sampah untuk menjadi barang yang bernilai dapat meningkatkan nilai tambah.

Selanjutnya rombongan melanjutkan kunjungan ke basecamp Sapuangin pada tanggal 31 Maret 2018, kunjungan kali ini juga untuk mengetahui hal yang kurang lebih sama dengan jalur pendakian melalui New Selo.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini