Forum Diskusi 35 Titik Mata Air di TN Gunung Merapi

Selasa, 06 Maret 2018

Yogyakarta, 6 Maret 2018. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Multi Pihak Pemanfaatan Kawasan TNGM khususnya kelompok pemanfaat air, yang diselenggarakan di Joglo Kalikuning Park, Kabupaten Sleman, tanggal 6 Maret 2018. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah awal /inisiasi forum multi pihak pemanfaatan kawasan TNGM, khususnya pemanfaatan air.

Adapun tujuannya adalah 1) Mengidentifikasi kelompok pemanfaat air, 2) Untuk mendapatkan informasi, masukan dan sharing pengetahuan ataupun permasalahan lokal/spesifik antar kelompok pemanfaat air di lingkar Gunung Merapi, dan 3) Untuk mendapatkan kesepakatan kewajiban dan tanggung jawab bersama dari kelompok pemanfaat air dan Balai TNGM berdasarkan aturan pengelolaan kawasan taman nasional.

Terdapat 35 titik mata air di dalam kawasan TNGM dan teridentifikasi 26 kelompok pemanfaat air non komersil yang menggunakan manfaat air secara langsung dari dalam kawasan. Sesuai aturan pengelolaan air di dalam kawasan konservasi, saat ini 5 kelompok telah mendapatkan IPA (Ijin Pemanfaatan Air).

Kesepakatan di FGD kelompok pemanfaat air tersebut adalah 1) terbentuk wadah yang sebagai sarana komunikasi seluruh kelompok pemanfaat air seluruh lingkar Gunung Merapi dalam pemanfaatan air dari dalam kawasan TNGM yaitu BANYU MERAPI,  2) Pihak TNGM akan membantu memfasilitasi kelompok pemanfaat air dalam proses perijinan melalui resort hingga balai 3) Masyarakat sepakat untuk mengurus legalitas dalam pemanfaatan air 4) setiap kelompok pemanfaat air berkewajiban untuk menjaga dan memelihara sumber mata air.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini