Balai TN Gunung Rinjani Nongkrong Bareng Forum Guide dan Porter

Kamis, 01 Maret 2018

Sembalun, 1 Maret 2018. Sekitar 50 orang Warga dusun Bawak Nao Desa Sajang Kecamatan Sembalun yang berprofesi sebagai guide dan porter berkumpul di Gedai Kopikey Dusun Barat Desa Sembalun guna menghadiri pertemuan sosialisasi Forum Guide dan Porter. Dihadiri fasilitator dan ketua penasehat koperasi JASWAR, Ketua Forum Guide dan Porter serta hadir juga Kepala Resort TNGR Sembalun. Ini merupakan kelanjutan dari beberapa pertemuan sebelumnya di Dusun Medas Desa Obel-Obel dan Dusun Dasan Bilok Desa Bilok Petung.

Fasilitator Juarman membuka acara kegiatan, yang disusul sambutan Kepala Resort Sembalun Taufikurrahman, yang menjelaskan tentang status kawasan hutan TNGR yang dikelola berdasarkan zonasi serta mengajak semua elemen untuk menjaga kawasan Rinjani bebas dari sampah (zero rubbish) agar tetap menjadi daya tarik wisata.

Lebih lanjut kepala Resort Sembalun menyampaikan dan mensosialisasikan UU No.05 thn 1990 dan UU 41 thn 1999 serta menegaskan tentang perlunya suatu forum sebagai wahana dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan dan mewujudkan pengelolaan wisata rinjani yang aman nyaman.

Ketua penasehat koperasi JASWAR Rijalul Fikri,  menyampaikan bahwa Gunung Rinjani merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional, disamping itu dijelaskan juga teknis serta persyaratan menjadi anggota forum guide dan porter yang bekerjasama dengan koperasi JASWAR. 

Sumber : Balai TN Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini