Aksi Bersih Sampah Masyarakat Peduli Sampah TN Komodo

Kamis, 01 Maret 2018

Labuan Bajo, 1 Maret 2018. Sejak pertama kali dibentuk pada tanggal 20 Februari 2018, Masyarakat Peduli Sampah TN Komodo yang berjumlah 35 orang mulai beraksi memerangi sampah di pemukiman masing-masing.

Sejak tanggal 22 Februari lalu terdapat 74 karung sampah plastik dengan berat sekitar 810 kg berhasil diangkut keluar dari kawasan TN Komodo.

Sampah yang diangkut keluar kawasan adalah sampah yang bernilai ekonomis atau dapat dijual kembali. Jenis sampah tersebut antara lain jenis kemasan air minum sekali pakai, kardus dan besi atau tembaga. Sampah tersebut diserahkan ke KSU Sampah Komodo di Labuan Bajo agar dapat didaur ulang kembali.

Anggota MPS Desa Kampung Rinca tersebar di dua kampung yaitu kampung Rinca sebanyak 9 orang dan kampung Kerora sebanyak 5 orang. Wilayah kerja kelompok ini adalah Desa Kerora, Desa Rinca, Pulau Kambing, dan pulau-pulau kecil lainnya di dalam wilayah SPTN 1 Rinca.

Anggota MPS di Kampung Komodo berjumlah 14 orang. Wilayah kerja kelompok ini meliputi Desa Komodo, Loh Liang, Pink Beach, dan Gili Lawa Darat yang merupakan sentra aktivitas wisata di wilayah SPTN II P Komodo.

Sedangkan personil MPS di desa Papagarang berjumlah 7 orang, lebih sedikit dibandingkan dua desa sebelumnya. Wilayah kerja kelompok MPS Papagarang adalah Desa Papagarang, Padar Selatan dan pulau-pulau tujuan wisata terdekat dari desa tersebut.

Aktivitas kelompok MPS di setiap kampung didampingi oleh petugas Resort di kampung tersebut. Selain mengumpulkan dan mengangkut sampah keluar kawasan, anggota MPS memiliki kewenangan untuk menegur pengguna kawasan yaitu pengunjung, pelaku wisata serta masyarakat umum lainnya agar tertib sampah dan mencintai laut dan pulau sebagai rumah yang harus dijaga. Harapannya, volume sampah di pemukiman dan site wisata dapat berkurangi, kesadaran masyarakat akan sampah meningkat untuk kesehatan manusia dan ekosistem yang lebih baik.

Sumber: Balai TN Komodo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini