Dua Sejoli Diserahkan Ke Petugas Balai Besar KSDA Riau

Selasa, 27 Februari 2018

Pekanbaru, 27 Februari 2018. Adi, 28 tahun seorang warga Desa Sungai Buluh, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan dengan sukarela menyerahkan dua ekor beruang (Helarctos malayanus) kepada Balai Besar KSDA Riau pada hari Senin, 26 Februari 2018. Kedua beruang tersebut berumur sekitar 4 tahun, berjenis kelamin jantan dan betina. Penjemputan kedua beruang dilakukan oleh Tim yang dipimpin oleh Murmaidin Putrapper, Polisi Kehutanan pada Balai Besar KSDA Riau.

Menurut keterangan Adi, satwa dilindungi berdasarkan UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan PP No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa tersebut diperolehnya pada saat yang bersangkutan melakukan pembersihan kebun sawit di Bunut sekitar tiga tahun yang lalu. Saat ditemukan beruang masih sangat kecil dan ditinggalkan oleh induknya.

Balai Besar KSDA Riau menghimbau kepada masyarakat agar tidak menangkap dan atau memburu binatang liar di hutan untuk iseng, hobi, kesenangan atau diperjualbalikan. Karena hal ini bertentangan dengan UU No. 5 Tahun 1990 dimana pada Pasal 40 bagi yang melanggar dapat dipenjara paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak 100 juta rupiah.

Melalui media sosial dan mitra media lain Balai Besar KSDA Riau juga menyampaikan bahwa selain satwa merupakan penyeimbang ekosistem kehidupan alam, tidak dipungkiri bahwa satwa liar memiliki penyakit bawaan yang bersifat zoonosis atau menular pada manusia. Oleh sebab itu kepada masyarakat yang menemukan dan atau masih memelihara satwa liar agar menyerahkan kepada petugas Balai Besar KSDA Riau melalui Call Center 081374742981 untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini