Penguatan Kelembagaan Kelompok Masyarakat Peduli Hutan Di TN Matalawa

Selasa, 27 Februari 2018

Waingapu, 27 Februari 2018. Salah satu bentuk nyata Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN MATALAWA) dalam rangka pengelolaan kawasan  yang efektif adalah melakukan upaya pengelolaan kawasan secara kolaboratif, dengan melibatkan stakeholder salah satu nya Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) yang ada di sekitar kawasan.

KMPH dibentuk atas dasar kemauan dan komitmen bersama masyarakat sekitar daerah penyangga untuk  menjaga dan melestarikan kawasan taman nasional. Atas dasar komitmen bersama itulah Balai TN. Matalawa perlu mengajak kembali KMPH-KMPH yang berada di sekitar kawasan taman nasional, untuk membangun kembali kesepahaman dan penyamaan persepsi dalam pengelolaan kawasan TN. Matalawa.

Komitmen tersebut dikuatkan dalam bentuk pertemuan yang difasilitasi oleh Balai TN.Matalawa melalui  kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok KMPH tersebut. Pertemuan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari desa-desa disekitar kawasan taman nasional. Peserta yang ikut merupakan perwakilan dari badan pengurus KMPH dan  penyuluh kehutanan pada tingkat SPTN dan resort.

Antusiasme para peserta rapat menghangatkan pertemuan kali ini, salah satu masukan yg diutarakan adalah agar dapat menghidupkan kembali kelompok-kelompok KMPH yang ada di sekitar kawasan, melalui penyusunan rencana kerja kelompok yang difasilitasi oleh Balai TN. Matalawa. Rencana kerja yang akan dilakukan diantaranya adalah kegiatan pengamanan kawasan, penyuluhan dan pemanfaatan potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang ada didalam kawasan TN. Matalawa.

Pertemuan ini ditutup oleh Tri Wiyanto selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa hasil dari pertemuan ini menjadi catatan penting untuk diimplementasikan dalam bentuk penyusunan rencana pengelolaan kawasan secara kolaboratif dengan melibatkan kelompok-kelompok disekitar kawasan TN. Matalawa. Akhir dari kegiatan ini diwujudkan dengan penandatanganan bersama hasil rumusan pertemuan yang menjadi kesepakatan bersama guna mewujudkan pengelolaan kawasan secara kolaboratif.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini