BKSDA Jambi Lepasliarkan Tapir ke Habitatnya

Jumat, 26 Januari 2018

Jambi, 26 Januari 2018.  Balai KSDA Jambi, bersama-sama dengan pemerhati konservasi satwa liar melepasliarkan seekor tapir betina ke habitatnya di kawasan restorasi PT. Alam Bukit Tigapuluh (ABT) di Desa Suo suo Kecamatan Sumai Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Sebelumnya pada 12 Desember 2017, warga Desa Mangupeh Kec. Tengah Ilir Kab. Tebo dihebohkan dengan masuknya 3 ekor tapir ke pemukiman dan satu diantaranya terperosok ke lubang septitank rumah milik salah satu warga an. Yusuf. Mengetahui hal ini masyarakat melaporkan ke petugas Resort Balai KSDA Jambi. Bersama-sama masyarakat dan Polres Tebo, satwa tapir dievakuasi namun kondisi kaki dan tubuhnya mengalami luka sehingga dievakuasi ke Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi untuk mendapatkan perawatan.

Setelah menjalani perawatan selama 35 hari, tapir tersebut dinyatakan sehat dan dapat dilepasliarkan kembali ke habitatnya oleh dokter hewan Kebun Binatang Taman Rimbo. Sejak tanggal 22 Januari 2018 BKSDA Jambi mempersiapkan proses pelepasliaran dengan menggandeng mitra konservasi yang ada di Jambi, antara lain Franfurt Zoological Sosiety (FZS), Zoological Society of London (ZSL), Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi dan Universitas Andalas untuk bersama-sama mempersiapkan dan melakukan pelepasliaran.

Sebagai langkah awal, dilakukan survey lokasi pelepasliaran dan persiapan logistik pelepasliaran. Pelepasliaran dilakukan pada tanggal 23 Januari 2018 sekitar pukul 20.56 WIB di Pengian, kawasan restorasi PT. ABT, berdekatan dengan stasiun orangutan FZS Desa Suo Suo Kecamatan Sumai Kabupaten Tebo. Lokasi ini dipilih karena masih memiliki habitat masih terjaga dan dapat mendukung kehidupan tapir, dan juga masih dijumpai satwa ini di lokasi tersebut, sehingga diharapkan dapat berkembang biak dengan baik. Untuk memantau pergerakan tapir paska pelepasliaran tapir, maka dipasang GPS collar sumbangan dari Copenhagen Zoo, yg dilakukan oleh DR Wilson (Univ Andalas/Kelompok Spesialis Tapir IUCN).

Sumber: BKSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini