Dikira Dodol Ternyata Si Mungil Amyda cartilagines

Rabu, 15 November 2017

Bandung, 15 November 2017Kabar terbaru datang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung. Petugas pengawasan Tumbuhan dan Satwa Liar Balai Besar KSDA Jawa Barat (BBKSDA Jabar) Bandara dan petugas Stasiun Karantina Ikan Bandung dikejutkan dengan dengan paket kiriman yang ternyata berisi satwa.

Kejadian bermula saat petugas bandara melakukan pemeriksaan paket dari jasa pengiriman JNE dengan menggunakan X Ray. Petugas yang melihat isi paket kiriman tersebut tidak sesuai dengan informasi yang tertera didalam resi pengiriman melakukan koordinasi dengan para pihak untuk membuka paket tersebut.

Isi paket yang sedianya tertulis dodol ternyata saat dibuka ditemukan seekor labi-labi (Amyda cartilagines). Paket kiriman yang semula akan diterbangkan ke Medan Sumatra Utara saat ini disita oleh petugas. Walaupun satwa tersebut bukanlah satwa yang dilindungi, namun petugas tidak menemukan surat angkut tumbuhan dan satwa dalam negeri (SATS-DN) sebagai syarat resmi agar satwa dapat sampai ke tujuan secara legal.

Labi – labi tersebut saat ini berada di stasiun karantina ikan bandung untuk dititip rawat dan akan digunakan untuk program edukasi dan sosialisasi.

Kejadian ini menunjukan bahwa kolaborasi pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar antara BBKSDA Jawa Barat dengan Balai Karantina telah terbangun dengan baik. Harapan kedepan informasi tumbuhan dan satwa liar dapat tersosialisasi dengan baik, bukan saja pada para exploitator tumbuhan dan satwa saja, namun pada masyarakat luas dari berbagai kalangan.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini