Berdialog Dengan Masyarakat Desa Untuk Penyelamatan Rafflesia Arnoldii

Minggu, 12 November 2017

Bengkulu, 11 November 2017. Berselang sehari setelah Kabupaten Kaur menyatakan komitmen penyelamatan habitat flora Rafflesia bengkuluensis, kelompok masyarakat dan pemuda Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah juga melakukan aksi penyelamatan Rafflesia yang menjadi ikon/maskot Provinsi Bengkulu. Kegiatan penyelamatan dilakukan dengan melakukan “Dialog Pelestarian Habitat Bunga Rafflesia Bersama Masyarakat di Kawasan Habitat Rafflesia Taba Penanjung Kab. Bengkulu Tengah”. Diskusi in penting guna meningkatkan kesepahaman para pihak terutama kelompok-kelompok pecinta dan pelestari bunga Rafflesia di Kec. Taba Penanjung, Bengkulu Tengah.

Dialog ini bertempat di Kantor Desa Taba Teret Kec. Taba Penanjung Kab. Bengkulu Tengah, yang dihadiri oleh Kepala BKSDA Bengkulu Ir. Abu Bakar, Pelaksana Tugas Kepala KPHL Bukit Daun, Kabid. Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kab. Bengkulu Tengah. Selai itu hadir juga perwakilan Kelompok Pecinta Puspa Langka (KPPL) Bengkulu dan beberapa kelompok masyarakat pelestari Rafflesia di kawasan KPHL Bukit Daun.

Habitat Rafflesia yang menjadi obyek dialog ini adalah KPHL Bukit Daun dengan luas 96.125 Ha, CA Taba Penanjung I dan II seluas 3,7 Ha. Jenis Rafflesia yang tumbuh di habitat ini adalah jenis Rafflesia arnoldii yang merupakan jenis dengan ukuran terbesar dari semua genus Rafflesia.

Hasil dari dialog ini disepakati komitmen bersama untuk menyatukan kelompok-kelompok pecinta dan pelestari bunga Rafflesia di Kec. Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, dalam satu forum pengelolaan yang dilengkapi dengan perangkat peraturan yang disepakati Bersama. Peraturan yang akan dibuat harus dapat mengakomodasi hak dan kewajiban seluruh anggota forum. Harapannya, dengan terbentuknya forum para pencinta bunga langka, kegiatan kelompok-kelompok ini akan lebih terkoordinasikan dengan baik dan lebih efektif dalam mendukung pelestarian bunga Padma.

Sumber : Balai KSDA Bengkulu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini