BKSDA Sulawesi Tengah Ikut Festival Danau Poso

Minggu, 12 November 2017

Poso, 8 November 2017. Festival Danau Poso atau Festival Danau Tektonik Poso, sering disingkat menjadi FDP, merupakan acara festival pariwisata tahunan yang diadakan di kota Tentena ibukota Kecamatan Pamona Puselemba, kota di pinggiran Danau Poso. FDP dimulai pada tahun 1997 oleh Kab. Poso dengan tujuan memperkenalkan budaya, adat istiadat daerah lokal serta ajang promosi wisata dan perdamaian. Dengan acara ini diharapkan Kab. Poso siap melayani pengunjung yang ingin berinvestasi dan berwisata di kota Poso.

Pada saat ini penyelenggaraan FDP sudah menjadi agenda tahunan pemerintah daerah Kabupaten Poso. Pada tahun ini FDP diselenggarakan pada Tanggal 5 s.d 7 November 2017 yang dirangkaikan dengan penyelenggaraan Tour De Central Celebes (TDCC), pada kesempatan tersebut Balai KSDA Sulawesi Tengah ikut serta memeriahkan FDP dengan menggelar stan pameran yang bertujuan memberikan informasi tentang pentingnya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, pada stan pameran memperlihatkan satwa endemik sulawesi seperti Maleo (Macrocephalon maleo), Kura-kura darat (Leucocephalon yuwonoi), Baning Sulawesi (Indotestudo forstenii) dan kukus (Aulirops ursinus), kemudian kami juga memberikan bibit tanaman nantu, palapi dan eboni kepada para pengunjung. Selain itu produk gula aren yang merupakan hasil kelompok desa binaan BKSDA Sulawesi Tengah di Daerah Penyanggah di sekitar kawasan TWA Bancea dan CA Pamona yaitu Desa Bancea dan Desa Owini juga ikut ditampilkan dalam pameran FDP sekaligus sebagai ajang promosi.

Danau poso yang terletak berbatasan dengan kawasan TWA Bancea dan CA Pamona merupakan hulu bagi beberapa sungai yang bermuara di danau poso diantaranya sungai watumarato, sungai panjo, sungai meko, sungai owini, sungai limbaata, sungai empaka, sungai mayato dan sungai kodina.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini