Balai TN Bukit Duabelas Ajar Siswa Pecinta Alam Materi Dasar Pecinta Alam

Minggu, 12 November 2017

Sarolangun, 12 November 2017. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas Desa Bukit Suban Resort Air Hitam I SPTN wilayah II, Balai Taman Nasional Bukit Duabelas mengadakan pelatihan bagi Kelompok Pecinta Alam (KPA) Peta Alam dan Siswa/i Pecinta Alam (SISPALA) Sultan Thaha SMAN-9 Sarolangun. Pelatihan yang disenggarakan sejak 8 s/d 12 November 2017 dan pada puncak memasuki kawasan selama dua (2) hari semalam dari tanggal 11 s/d 12 November  2017.

Selama pelatihan para peserta berkenalan langsung dengan kawasan dan potensinya serta diberikan materi dasar bagi seorang pecinta alam, diantaranya: survival, navigasi darat dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Petihan bagi Kelompok Pecinta Alam (KPA) & SISPALA merupakan bagian dari kegiatan kader konservasi, yaitu suatu kegiatan dengan tujuan menanamkan kesadaran konservasi sejak dini. Dengan harapan dari generasi muda ini akan tumbuh sebuah masyarakat yang concern terhadap lingkungan dan menjadi kader bagi proses pengelolaan dan penyelamatan hutan.

Para Kelompok Pecinta Alam (KPA) dan Siswa/i Pecinta Alam (SISPALA) pada umumnya adalah generasi muda sebagai sumberdaya manusia yang potensial, perlu mendapat perhatian dan bimbingan sehingga dapat meningkatkan, mengembangkan dirinya untuk dapat berperan dalam program pembangunan nasional khususnya dalam program pelestarian sumberdaya alam hayati dan lingkungannya. Balai Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai pengelola kawasan dalam hal ini mengakomodir KPA Peta Alam dan SISPALA  Sultan Thaha SMAN-9 Sarolangun yang berlokasi di sekitar kawasan. Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi generasi muda, bagi lingkungan terkhusus Taman Nasional Bukit Duabelas.

Salam Rimba!!!

Sumber : Ganda Josua Samosir, S.Hut - Penyuluh Kehutanan Pertama Balai Taman Nasional Bukit Duabelas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini