Pemberdayaan Masyarakat Desa Konservasi Melalui Pemberian Bantuan Modal Usaha Di TN Wakatobi

Minggu, 12 November 2017

Wakatobi, 12 November 2017. Dilaksanakan penyerahan bantuan modal usaha kepada 4 kelompok masyarakat desa binaan Taman Nasional Wakatobi yaitu pada Desa Darawa dan Desa Sombano pada tanggal 12 November 2017.

Sebelumnya kelompok masyarakat mengajukan proposal dan menyampaikan kegiatan yang hendak dilakukan berkaitan dengan penambahan modal usaha, kegiatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang bermanfaat sehingga bisa berkembang, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan tidak ketergantungan lagi dengan eksploitasi sumberdaya alam yang ada dan terbatas itu, sehingga mampu mencari mata pencaharian alternative lainnya, masyarakat harus mampu mengelola dan mengembangkan sumberdaya alam yang ada sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat namun tetap lestari.

Tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan masyarakat ini yaitu untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan. Kemandirian masyarakat merupakan suatu kondisi yang dialami oleh masyarakat yang ditandai dengan kemampuan memikirkan, memutuskan serta melakukan sesuatu yang dipandang tepat demi mencapai pemecahan masalah yang dihadapi dengan mempergunakan daya atau kemampuan yang dimiliki.

Sumber : Balai TN Wakatobi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini