Aksi Sadar Lingkungan Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti Taman Nasional Matalawa

Senin, 13 November 2017

Waingapu, 13 November 2017.  Hujan gerimis tidak menyurutkan sahabat kami yang tergabung dalam Pramuka Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) dalam mengikuti peringatan hari Pahlawan yang ke-72. Bersama dengan para penggiat lingkungan hidup di Kabupaten Sumba Timur, Anggota Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti melaksanakan aksi sosial yang dipusatkan di Lapangan Pahlawan – Kodim 1601 Sumba Timur. Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa aksi bersih lingkungan, sebagai bentuk kampanye sadar lingkungan.

Kegiatan ini bukan kali pertama dilaksanakan oleh Pramuka Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti Binaan TN Matalawa, agenda kampanye sadar lingkungan merupakan program kerja rutin Dewan Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti yang hampir dilaksanakan disetiap tahunnya. Aksi sadar lingkungan ini dilaksanakan pada tanggal 11 November 2016, dan diikuti 27 Anggota Pramuka Saka Wanabakti, yang terdiri atas Pamong Saka, Dewan Saka dan Anggota Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti. 

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan bagi anggota saka wanabakti Laiwangi Wanggameti, dan secara luas mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan dengan peringatan hari pahlawan yang ke-72, dengan semangat nilai perjuangan para pahlawan, diharapkan generasi muda saat ini khususnya pramuka saka wanabakti mampu mengambil peran dalam upaya pembangunan dan pengelolaan dibidang lingkungan hidup dan kehutanan. Lebih jauh kegiatan dimaksud merupakan pengamalan Dasa Dharma pramuka yang  kedua yakni Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kakak Pamong Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti (Kakak Komang Sunia AJ., A.Md) disela-sela kegiatan aksi sadar lingkungan tersebut.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini