Kemunculan Hewan Unik Dalam Jumlah Masif Yang Menjadi Viral Di Medsos

Kamis, 09 November 2017

Pontianak - 9 November 2017, Belum lama ini tepatnya tanggal 6 Nopember 2017 Seksi Konservasi Wilayah III mendapatkan laporan warga masyarakat terkait informasi yang beredar dan menjadi viral di media sosial dengan kemunculan hewan aneh dengan jumlah yang banyak di Sungai Soga, Desa Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang.

Menanggapi hal tersebut, Tim Satgas TSL SKW III melakukan pengecekan ke lokasi yang dimaksud, tim berkoordinasi dengan aparat desa karimunting (Bpk. Gafar) guna mengumpulkan informasi terkait informasi yang beredar.

Menurut keterangan dari Gafar bahwa kemunculan hewan aneh tersebut baru pertama kalinya di sungai soga, dari segi bentuk hewan tersebut serupa dengan cacing laut/ belatung laut, beliau juga menambahkan jika disentuh akan menimbulkan rasa gatal pada kulit, dan cacing tersebut sangat mudah terputus/ membelah diri.

Selanjutnya pada waktu bersamaan didapatkan informasi dari masyarakat bahwa kemunculan cacing tersebut sudah pernah terjadi di daerah Ketapang dan hal tersebut bukan merupakan hal yang aneh.

Tim melakukan pengecekan ke lokasi, dan memang benar bahwa cacing tersebut memang ada.

Tim menyampaikan kepada masyarakat dan aparat desa bahwa hipotesa sementara atau dugaan sementara terjadi dikarenakan terjadi ketidakseimbangan ekosistem.

Tim kembali menekankan bahwa ini hanya sebatas hipotesa awal, karena perlu kajian-kajian yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang.

Selanjutnya tim mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan guna terjaganya keseimbangan ekosistem untuk sekarang dan masa mendatang.

Sumber: BKSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini