Balai TN Bukit Tigapuluh Goes To Campus Menyasar Universitas Riau, Pekanbaru

Kamis, 09 November 2017

Riau - 9 November 2017, Promosi dan publikasi terkait pelestarian Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) gencar dilakukan. Selain TNBT Goes To School yang telah dilakukan pada waktu sebelumnya, kali ini TNBT menyasar civitas akademisi untuk menyebarkan pilar konservasi dalam pengelolaan TNBT yaitu Universitas Riau (UR). UR memiliki Jurusan Kehutanan yang masih bergabung dengan Fakultas Pertanian (FAPERTA), mulai tahun 2013 Dekan Faperta Jurusan Kehutanan mengirim mahasiswa-mahasiswinya untuk mengikuti kegiatan magang di TNBT. Dapat dikatakan, hubungan baik antara TNBT dengan Fakultas Pertanian UR ini sudah terbangun dengan baik dan pada acara TNBT Goes To Campus ini , TNBT berkesempatan untuk berkunjung dan bertemu dengan keseluruhan civitas akademisi UR.


Pada Selasa, 7 Nopember 2017 Tim TNBT Goes To Campus disambut dengan baik oleh Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Jurusan Kehutanan Faperta. Tim menyampaikan tujuan kegiatan yang meliputi tersosialisasinya secara luas dan baik potensi keanekaragaman hayati, budaya lokal, pariwisata yang terdapat di TNBT, sehingga kedepannya keberadaan TNBT didukung oleh stakeholder yang ada termasuk dari pihak UR.


Selanjutnya pada Rabu, 8 Nopember 2017 bertempat di Ruang Inkubator Agribisnis Faperta, acara TNBT Goes To Campus dibuka secara resmi oleh Dekan Faperta Dr. Ir. Syafrizal, MS. Masuk pada acara inti yaitu presentasi penyampaian materi oleh tim. Materi meliputi tentang Profil TNBT dari sejarah penetapan, lokasi wilayah kerja, pembagian resort pengelolaan, keanekaragaman hayati, konservasi Harimau Sumatera, patroli / penegakan hukum, pemberdayaan masyarakat (role model), potensi wisata dan kebudayaan masyarakat tradisional, dan potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di TNBT. Agar visualisasi mahasiswa terwujud, tim pemateri menampilkan film dokumenter TNBT dan video hasil tangkapan camera trap (satwa harimau, beruang, rusa dan tapir). Tim menyampaikan materi dengan lugas dan menarik sesuai dengan Pendidikan Orang Dewasa (POD).


Peserta sosialisasi yang terdiri dari Dekan Faperta, Ketua Jurusan Kehutanan, beberapa dosen dan staf Faperta serta mahasiswa/i sebanyak 85 orang, nampak antusias dalam mengikuti acara ini. Rasa ingin tahu peserta yang cukup tinggi menyebabkan diskusi aktif sulit untuk dihindari. Beragam pertanyaan diajukan oleh peserta yang mayoritas mahasiswa Kehutanan, pertanyaan mulai tentang program pemberdayaan bagi masyarakat lokal, strategi atau cara TNBT berkomunikasi dengan masyarakat tradisional, status perlindungan satwa di TNBT sampai dengan pemanfaatan HHBK tanaman rotan jernang.


Dekan Faperta berharap dapat terjalin kerjasama antara Faperta UR dengan Balai TNBT terkait beberapa event/kegiatan, seperti seminar lingkungan dan kehutanan, pendidikan dasar mahasiswa baru, lokasi penelitian dan lokasi magang bagi mahasiswa. Sebagai penutup acara, Tim TNBT Goes To Campus memberikan Souvenir Kenang-kenangan kepada pihak Faperta UR dan foto bersama.

Sumber: Balai TN Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini