Salam Konservasi Dari Mahasiswa Kehutanan Universitas Khairun Yang PKL DI TN. Aketajawe Lolobata

Kamis, 09 November 2017

Sofifi, 9 November 2017. Sebanyak 25 orang mahasiswa Program Studi Kehutanan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Kegiatan yang dilakukan selama satu bulan mulai tanggal 15 Oktober sampai dengan 15 November 2017 tersebut berlokasi di wilayah Resort Tayawi  Seksi Pengelolaan wilayah I (SPTN I)  di desa Koli, kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk aplikasi dari Tri Darma perguruan tinggi yang ditujukan kepada seluruh Mahasiswanya agar memiliki kemampuan dalam menghadapi dunia kerja di masa mendatang. Selain itu praktikum ini juga sebagai ajang untuk mengaplikasikan teori diperkuliahan dan menambah wawasan terhadap dunia kerja kehutanan.

Selama praktek, mahasiswa dibagi tiga kelompok yaitu kelompok perlindungan, pemanfaatan dan kelompok pengawetan. Kelompok Perlindungan bertugas mengidentifikasi gangguan kawasan di wilayah Resort Tayawi, melakukan penyuluhan di sekolah dan desa sekitar. Kelompok ini juga melaksanakan praktek patroli rutin dalam kawasan bersama kepala resort dan membuat papan informasi/interpretasi (sebagai kenangan mahasiswa PKL).

Kelompok pemanfaatan mempunyai tugas mengidentifikasi potensi sumber daya alam non kayu yang dimanfaatkan, mendata jumlah Masyarakat Tobelo Dalam (suku Togutil) di Resort Tayawi, survey potensi damar dan pemanfaatannya, mengidentifikasi potensi tanaman obat dan membuat papan himbauan.

Kelompok pengawetan memiliki tugas yang berbeda yaitu mengidentifikasi jenis tumbuhan dan satwa, mensurvei potensi palem dan begonia, praktek pembuatan demplot tanaman di suaka paruh bengkok bersama petugas suaka, dan praktek inventarisasi jenis tumbuhan/tegakan di lokasi suaka.

“Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada Balai TNAL waktu dan pendampingan yang diberikan, SALAM KONSERVASI”, ucap salah satu mahasiswa PKL.

Selama PKL, mahasiswa tersebut didampingi oleh Kepala Resort Tayawi dan Tenaga Teknis Konservasi TNAL. “Saya senang dengan kehadiran adek-adek mahasiswa disini, karena kedepannya merekalah yang akan pengelolaan TNAL atau kehutanan di Maluku Utara”, tutur Pak Raduan, Kepala SPTN Wilayah I Weda yang juga turut mendampingi dan memberikan arahan kepada mahasiswa PKL.

Oleh : Ais Syarif Kofia - Koordinator Praktek Kerja Lapangan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini