BBTN Bentarum Gelar Pelatihan Masyarakat Peduli Api

Rabu, 08 November 2017

Putussibau, 8 November 2017. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mengadakan pembentukan sekaligus pelatihan untuk Masyarakat Peduli Api lingkup kerja Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kedamin pada tanggal 6-8 November 2017. Acara diselenggarakan di Rumah Retret Deo Soli dengan peserta dari tiga desa penyangga yaitu Desa Bungan Jaya, Desa Tanjung Lokang, dan Desa Datah Dian. Peserta berjumlah 30 orang masing-masing 10 orang perwakilan dari setiap desa tersebut. Kodim 1206 Putussibau dan Koramil Putussibau Selatan pun mengirim perwakilannya untuk mengikuti pelatihan tersebut karena dinilai ilmu yang sangat penting untuk mereka dapatkan sekaligus sebagai komitmen dukungan TNI dalam upaya pencegahan kebakaran di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam pembukaan acara pelatihan dan pembentukan Masyarakat Peduli Api dihadiri oleh Kodim 1206 Putussibau, Polres Kapuas Hulu, Danramil Putussibau Selatan, dan Pemerintah daerah yang diwakilkan oleh Camat Putussibau Selatan dan Putussibau Utara. Upaya ini dilakukan untuk mensinerjikan program pengendalian kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Kapuas Hulu khususnya di sekitar kawasan TNBKDS. Seperti yang diutarakan oleh Camat Putussibau Selatan, Bapak Syahrial, kegiatan pelatihan seperti ini diharapkan tidak hanya ditujukan untuk desa-desa di sekitar kawasan saja namun di desa-desa lain mengingat tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan untuk ladang tidak hanya terjadi di desa-desa sekitar kawasan Taman Nasional Betung Kerihun saja.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kedamin, Fery A.M. Liuw mewakili Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun danau Sentarum, kegiatan ini merupakan entry point kerjasama antara pihak-pihak terkait terutama masyarakat, Pemerintah Daerah dan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum untuk menekan angka kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas Hulu. Diharapkan masyarakat dapat maksimal menyerap ilmu yang diberikan oleh Narasumber sehingga sistem informasi dapat terbangun dengan baik dan masyarakat mampu mengendalikan atau mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang berada di wilayahnya.

Narasumber kegiatan ini berasal dari Balai PPI Dan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Wilayah Kalimantan dan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman dalam bidang kebakaran hutan dan lahan. Isu yang sangat menarik masyarakat t dalam pelatihan tersebut adalah mengenai Pembukaan Lahan Tanpa Bakar. Bahkan limbah dari pembukaan lahan tanpa bakar dapat menghasilkan rupiah dengan proses tertentu.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini