Identifikasi Fauna di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Senin, 06 November 2017

Malang - 6 November 2017, Dimulai sejak tanggal 1 November 2017, TN BTS secara serentak melakukan kegiatan “Identifikasi Fauna” pada 12 lokasi yang tersebar di seluruh Resort Pengelolaan TN BTS. Kegiatan ini dilaksanakan bersama oleh staff fungsional Pengendali Ekosistem Hutan dan Penyuluh Kehutanan serta personil masing-masing resort. Pelaksanaan kegiatan pada setiap lokasi dilakukan selama 5 hari dengan kombinasi waktu pengamatan pagi hari dan sore/malam.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkaya dan memutakhirkan database fauna yang terdapat di TN BTS. Fauna yang menjadi sasaran identifikasi adalah fauna dari Kelas mamalia, reptilia, amfibi, dan burung. Metode yang digunakan merupakan kombinasi dari metode point count dan transek, serta menggunakan perangkap satwa dan kamera trap, menyesuaikan dengan sasaran identifikasi.  Transek pengamatan ini juga akan digunakan sebagai transek permanen untuk monitoring satwa jangka panjang.

Hasil kegiatan selama kegiatan berjalan telah berhasil memberikan beberapa catatan baru perjumpaan satwa di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru seperti Ular Cabai Kecil (Calliophis intestinalis) dan Sikatan Dada Merah (Ficedula dumetoria).

Sumber: BBTN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini