Balai KSDA Kalbar Ikuti West Kalimantan Siluk International Contest & Expo

Minggu, 05 November 2017

Pontianak, 5 November 2017. West Kalimantan Siluk International Contest & Expo kembali di gelar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mulai tanggal 3-5 Nopember 2017 bertempat di Pontianak Convention Center (PCC). Pameran diikuti para penangkar di Kalbar dan juga penghobi ikan arwana super red (Scleropages formosus). Agenda pameran ini rutin diselenggarakan setiap tahun.

Balai KSDA Kalbar turut berperan aktif melalui stand pelayanan peredaran yang dibuka di ajang kontes tersebut. Kepala Balai, Sadtata Noor Adirahmanta, S.Hut, MT dalam kesempatan kunjungan ke lokasi mengatakan bahwa “Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif meningkatkan gairah para penangkar dalam mengelola usahanya. Bagaimanapun juga harus diakui bahwa para penangkar telah turut berkontribusi dalam upaya konservasi, khususnya terhadap satwa ikan arwana yang merupakan satwa endemik Kalbar tersebut”.

Dengan semakin tumbuhnya usaha penangkaran ikan arwana, secara tidak langsung telah dapat mengurangi penangkapan di alam secara signifikan, di samping kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, baik dari sisi penyediaan lapangan kerja maupun penyediaan pakan. Dengan demikian masyarakat merasakan dampak positif adanya penangkaran arwana. Terkait dengan hal itu pula Beliau menghimbau agar masyarakat menjaga lingkungan sepanjang DAS sungai yang ada di Kalbar sebab kualitas air sungai menjadi indikator baik tidaknya produk ikan yang dihasilkan. Kualitas air tidak hanya berpengaruh pada dunia usaha namun sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan.

Pameran pada tahun ini tidak hanya diikuti oleh penghobi dari Kalbar namun dari berbagai negara seperti Malaysia, RRC hingga Taiwan.

Begitupun pengunjung tidak hanya dari lokal Kalbar namun banyak pengunjung dari Jakarta, Medan serta dari luar negeri. Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang langsung melakukan transaksi membeli ikan yang diminati.(YS)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini