Rencana Kerjasama Tahun ke-3 Balai TN Lorentz dengan USAID-LESTARI

Sabtu, 04 November 2017

Timika, 4 November 2017. Jelang berakhirnya kerjasama Balai TN Lorentz dengan USAID-LESTARI Tahun ke-2, Balai TN Lorentz bersama USAID-LESTARI melakukan evaluasi pelaksanaan kerjasama tahun ke-2 yang dilanjutkan dengan penyusunan rencana kerjasama tahun ke-3. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor USAID-LESTARI pada tanggal 2-3 November 2017 di Timika.

"Dengan adanya program yang dilaksanakan oleh USAID-LESTARI di Landskap Lorentz Lowlands yang saat ini akan memasuki tahun ke-3, maka diharapkan program ini akan memberikan dampak nyata yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung peningkatan nilai efektifitas pengelolaan TN Lorentz” jelas Paschalina Rahawarin selaku Koordinator Program Papua USAID-LESTARI. 

"Kerjasama ini merupakan penjabaran dari Rencana Pelaksanaan Program Kerjasama tentang penurunan emisi gas rumah kaca, peningkatan efektifitas pengelolaan kawasan konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati yang disusun oleh Direktorat Kawasan Konservasi dengan USAID-LESTARI” kata A. Anis Sokoy, Kepala Balai TN Lorentz dalam sambutannya sekaligus membuka acara dimaksud. 

Selanjutnya beliau menekankan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengevaluasi program yang direncanakan pada tahun ke-2 serta menyusun program yang akan dikerjasamakan pada tahun ke-3 sesuai dengan program prioritas pengelolaan TN Lorentz. Diharapkan program yang akan disusun dapat meningkatkan nilai efektifitas pengelolaan TN Lorentz dan mendukung kegiatan utama Balai TN Lorentz melalui role model Ekspedisi Ilmiah TN Lorentz 0 - 4.884 mdpl untuk pengembangan ekowisata jalur selatan pendakian Puncak Carstensz (Napak Tilas Ekspedisi Wollaston, 1912) pada tahn 2018.

Dalam diskusi selama 2 hari, Balai TN Lorentz bersama USAID-LESTARI melakukan sinergitas program serta menyepakati beberapa kegiatan pokok yang akan dilaksanakan dalam tahun 2017/2018 yaitu meningkatkan efektifitas pengelolaan kawasan, konservasi jenis satwa prioritas beserta habitatnya, meningkatkan dukungan para pihak untuk konservasi dan meningkatkan keterlibatan masyarakat di dalam kawasan konservasi maupun di daerah penyangga. Melalui rencana kegiatan yang disusun ini, maka diharapkan keberadaan TN Lorentz dapat memberikan dampak nyata terhadap kehidupan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan serta adanya dukungan terhadap konservasi kawasan TN Lorentz ke-depan

Sumber : Fredy Parabang, S.Hut. (PEH Balai TN Lorentz)

Penanggung jawab berita : Kepala Balai TN Lorentz

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini