Forum Multipihak Mimika Survey Awal Untuk Pelepasliaran Kura-Kura Moncong Babi

Kamis, 02 November 2017

Mimika, 2 November 2017.  Pada hari Kamis tanggal 2 November 2017 Tim Medis Dinas Peternakan Mimika melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan di Mile Point 21 PT Freeport Indonesia (PTFI).  Pemeriksaan ini merupakan tahapan dalam proses pelepasliaran Kura-Kura Moncong Babi yang akan dilepasliarkan kembali ke habitat asal di Kawasan TN Lorentz.  Dari hasil pemeriksaan tim medis antara lain drh. Natalya, drh. Sabelina, drh Erma merekomendasikan sebanyak 120 Kura-Kura Moncong Babi hasil sitaan siap dilepasliarkan ke alam.

Sebelumnya pada hari Senin 30 Oktober 2017, Forum Multipihak Mimika yang  terdiri dari SKW II Timika BBKSDA Papua, SPTN I Lorentz, Departemen Environmental PTFI dan Lestari Lorentz Lowlands melakukan survey awal untuk pelepasliaran Kura-kura Moncong Babi (Carretochelys insclupta) hasil sitaan di Kawasan Taman Nasional Lorentz.

Pada saat survey tersebut, tim sekaligus bertemu dan berdiskusi dengan aparat dan masyarakat Kampung Nakai, Asmat sebagai pemilik ulayat. Sekretaris Kampung Nakai, Thomas mengatakan “Kami masyarakat akan turut menjaga untuk anak cucu kami nanti’ dan menyatakan kesediaannya untuk menerima dan membantu proses pelepasliaran Kura-kura Moncong Babi di wilayahnya.

Sumber : Bambang H. Lakuy, SP - Ka SKW II Timika Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini