Pembinaan Masyarakat Pemanfaat Air di Wilayah SPTN II BTN Gunung Merapi

Senin, 30 Oktober 2017

Boyolali, 30 Oktober 2017. Hari Senin, 30 Oktober 2017 dilaksanakan pembinaan dan evaluasi bagi para kelompok pemegang Izin Pemanfaat Air (IPA) Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), terutama yang berada di wilayah Kecamatan Musuk dan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Di Wilayah ini sudah ada 3 kelompok masyarakat pemegang IPA yaitu kelompok IPA Tirta Wening Sangup yang memanfaatkan mata air Goa Lawa, kelompok IPA Manunggal Cluntang yang memanfaatkan mata air Jelok serta Kelompok IPA Mulya Subur Mriyan yang memanfaatkan mata air Gua Lowo.r

Harapannya dengan pembinaan ini kegiatan pemanfaatan air oleh masyarakat yang bersifat non komersil dapat terus terpantau kegiatannya dan kelestarian sumber mata air yang dimanfaatkan dapat terjaga serta izin pemanfaatan yang diberikan tidak disalahgunakan.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Camat Musuk dan arahan disampaikan oleh Ka.SPTN II BTNGM serta materi disampaikan oleh Bapak Purnama, dari BTNGM.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari Muspika Musuk, Kades Mriyan, Kades Cluntang, Kades Sangup dan perwakilan dari Kelompok Pemegang IPA.

Dalam kesempatan kali ini, dikemukakan permasalahan-permasalahan yang ada selama ini, dan alternatif solusinya. Karena koordinasi biasanya terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya terkadang sulit dilaksanakan. Kedepannya, koordinasi tetap dilaksanakan antar kelompok pemanfaat air maupun dengan pihak TNGM.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini