Sekolah Binaan BBTN Lore Lindu Juara II Tingkat Nasional Karya Ilmiah Remaja

Senin, 30 Oktober 2017

Palu, 30 Oktober 2017. Selain mengelola kawasan konservasi, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) juga berperan aktif dalam pembinaan siswa sekolah yang ada di Kota Palu melalui serangkaian kegiatan visit to school. Selain mempromosikan potensi yang terdapat di dalam kawasan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak para siswa dalam melakukan kegiatan pendidikan lingkungan dan penelitian terkait potensi tersebut. Salah satu sekolah menengah atas (SMA) yang cukup berprestasi dalam melakukan kegiatan penelitian tentang satwa prioritas di TNLL adalah SMA Al-Azhar Mandiri Palu.

Sekolah yang terakreditasi A ini merupakan salah satu SMA yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Selain memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib, SMA Al-Azhar Mandiri Palu juga berperan aktif dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler siswanya yang antara lain berupa kegiatan penulisan karya ilmiah. Menangkap potensi keunikan flora dan fauna endemik Sulawesi yang terdapat di TNLL, tim sekolah ini yang terdiri dari Herdhita Asya Putri dan Nabila Triana, didampingi oleh Guru Pendamping yaitu Akhlis, S.Pd., M.P., dan Ahmad Maulidi, S.Pd., M.Pd, berkoordinasi dengan Balai Besar TNLL untuk mengikuti Karya Ilmiah Remaja XLIX Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Atas dasar arahan, bimbingan, serta penyampaian data dan informasi dari Balai Besar TNLL, tim tersebut bersama Mentor dari LIPI, Dr. Dewi Prawiradilaga, dan Pembimbing Utama, Bayu Satriawan, S.Kom., S.Pd., sepakat untuk mengangkat Judul “Identifikasi Tanda Berbiak, Karakter Lubang Peneluran dan Perilaku Bertelur Maleo (Macrocephalon maleo) untuk Meningkatkan Upaya Keberhasilan Konservasi in situ di Saluki Taman Nasional Lore Lindu”.

Yang menjadi latar belakang tim dalam menentukan tema dan judul karya ilmiah antara lain bahwa Burung Maleo adalah satwa endemik Sulawesi dan masuk dalam kategori genting (endangered) oleh IUCN. Selain itu adanya kesadaran mereka akan pentingnya kelangsungan hidup Burung Maleo ditinjau dari segi tingkah laku dalam bertelurnya.

Setelah selama kurang lebih 3 bulan melakukan serangkaian kegiatan penelitian di pembinaan habitat Burung Maleo di Saluki TNLL, proses penulisan karya ilmiah, dan presentasi hasil serta perbaikan di Kantor Balai Besar TNLL, para peserta didik SMA Al-Azhar Mandiri Palu mengajukan karyanya dalam proses penilaian. Dari 52 finalis tingkat nasional yang lolos seleksi, akhirnya pada tanggal 23-26 Oktober 2017 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan Indonesia Science Expo 2017, panitia seleksi mengumumkan bahwa SMA Al-Azhar Mandiri Palu berhasil meraih Juara II Tingkat Nasional. Atas prestasi tersebut maka mereka berhak mendapat kesempatan untuk mengikuti Kompetisi Internasional Tahun 2018 di Amerika Serikat.

Sumber : Humas Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini