Kalitalang Merapi Bike Carnival 2017

Minggu, 29 Oktober 2017

Klaten, 29 Oktober 2017. Mitra kerja Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yakni Klaten All Mountain (10-AM) menyelenggarakan event nasional Kalitalang Merapi Bike Carnival pada tanggal 29 Oktober 2017. Kegiatan ini adalah ajang kompetisi sepeda gunung jenis Enduro dan Downhill yang berlokasi di Resort Kemalang TNGM dan lahan desa di Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah.

Kegiatan yang diprakarsai oleh komunitas sepeda gunung Klaten ini bertujuan untuk memperkenalkan wisata minat khusus di area TNGM dan tanah kas desa. Tujuan jangka panjangnya tentu pemberdayaan masyarakat yang berprinsip pada konservasi. Kegiatan ini diikuti oleh 209 peserta dari Pulau Jawa, paling jauh adalah peserta dari Lamongan, Jawa Timur.

Track enduro ‘Kalitalang’ di Desa Balerante dan ‘Sapuangin’ di Desa Tegalmulyo yang ada di Resort Kemalang TNGM dan dikelola oleh 10-AM bersama warga desa merupakan track terbaik nomor 2 setelah track enduro di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kedua track ini berjarak sekitar 23 Km, yang mengambil start dari dalam kawasan TNGM.

Ekosistem gunung berapi yang merupakan khas dari TNGM merupakan potensi unik dan menarik peserta wisata minat khusus sepeda gunung ini. Bahkan pada acara pada hari ini juga dihadiri oleh pejabat lingkup Pemerintah Daerah Klaten, seperti Kepala Bappeda, Asisten Bupati, Ketua DPRD Klaten, dan Muspika lingkup Kabupaten Klaten. Pemerintah Daerah Klaten siap mendukung pengembangan wisata alam TNGM yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat desa penyangga.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini