Peningkatan Kapasitas Eco Guide BBKSDA Jawa Barat

Sabtu, 28 Oktober 2017

Ciwidey, 27 Oktober 2017. Dengan jumlah taman wisata alam sebanyak 15 unit, pemangku kawasan berupaya maksimal agar kawasan tersebut dapat menarik perhatian pengunjung. Tidak hanya mengandalkan potensi dan keunikan yang dimiliki, BBKSDA Jabar juga memaksimalkan sumber daya manusia dengan pengetahuan yang luas dan luwes dalam mentransfer informasi.

Salah satu unsur yang berperan penting dalam pengelolaan wisata adalah peran pemandu wisata. Sebagai penyambung lidah dan penyampaian infromasi, seorang pemandu wisata membutuhkan pengetahuan dan teknik komunikasi yang baik.
Sebagai pemegang mandat terhadap pengelolaan kawasan konservasi, BBKSDA Jawa Barat juga bertanggung jawab terhadap human capital yang dimilikinya serta local people yang berada disekitar kawasan. Bentuk tanggungjawab tersebut secara aplikatif dituangkan melalui sebuah kegiatan yang mendukung bertambahnya pengetahuan dan pelayanan di taman wisata alam.

Mengajak setiap unsur yang berperan dalam keberlajutan taman wisata, BBKSDA Jabar melaksanakan pelatihan dan penyegaran pemandu wisata dengan melibatkan 30 orang peserta dari pemegang ijin sarana dan jasa wisata serta petugas resort. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan semua peserta.

Acara dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25-26 Oktober 2017 di Patuha Resort Ciwidey dibuka oleh Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat. Menghadirkan DR. Ir. Soehartini Sekar Tjakrarini dari Innovative development for eco Awareness (IdeA) yang juga mantan Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan Wisata Alam sebagai nara sumber.

Kegiatan juga dirangkai dengan field trip ke Kawah Putih untuk menguji ilmu yang telah diterima peserta dengan praktek pemanduan wisata di kawasan tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini