Keseruan Tim Patrolii TN. Aketajawe Lolobata Dalam Menjaga Kawasan

Jumat, 27 Oktober 2017

Sofifi, 27 Oktober 2017. Kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) yang terbagi menjadi 2 (dua) blok, yaitu Blok Aketajawe dan Blok Lolobata menjadi tantangan tersendiri dalam pengelolaan kawasan. Kedua Blok tersebut memiliki karakter kawasan yang berbeda, salah satunya adalah akses. Pada Blok Aketajawe, akses kawasan relatif lebih mudah daripada Blok Lolobata sehingga metode pendekatannya berbeda.

Polisi Kehutanan (Polhut) TNAL kemarin (26/10) telah selesai melaksanakan Patrolii rutin kawasan di Blok Aketajawe. Tim melakukan pengecekan area bekas Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di dalam kawasan. Sepanjang perjalanan, tim patroli menyusuri lebatnya hutan Halmahera dan menikmati pemandangan dari puncak bukit. Setelah berada dilokasi patroli, tim sudah tidak menemukan aktivitas penambangan. Hanya saja terdapat satu pondok yang ditengarai sesekali masih ditempati. Tim juga menemukan pohon cengkeh yang telah ditanam anggota penambang beberapa tahun lalu.

“Patrolinya seru, karena bisa menikmati keindahan kawasan dari ketinggian”, kata Pankratius Ajo Wajor Balun, Anggota Polhut TNAL. Dikhawatirkan meluas menjadi perkebunan, Ajo merekomendasikan agar area tersebut tetap dipantau karena terdapat tanaman yang menghasilkan, yaitu cengkeh.

Dalam waktu yang bersamaan pegawai TNAL yang ditempatkan di SPTN Wilayah III Subaim, Halmahera Timur juga melaksanakan kegiatan anjangsana di desa-desa sekitar Blok Lolobata. Tim SPTN III melakukan diskusi, sosialisasi dan mencari informasi terkait kegiatan masyarakat pada kawasan hutan yang berada dibelakan desa mereka. Beberapa desa memiliki potensi wisata yang unik, antara lain wisata pengamatan burung Bidadari Halmahera yang telah memiliki jumlah pengunjung rata-rata 80-100 wisatawan asing dalam satu bulan, wisata pantai dan potensi pertanian. Desa lainnya juga memiliki gangguan kawasan hutan yang disebabkan oleh penambangan emas liar. Tentu saja tim anjangsana disuguhi minuman dan jajanan lokal oleh kepala desa setempat. Tak lupa tim anjangsana juga menyempatkan untuk berwisata sambil mencari informasi.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini