Pelatihan Penanganan Satwa Liar Bagi Petugas Balai TN Gn. Halimun Salak

Jumat, 27 Oktober 2017

Bogor, 27 Oktober 2017. Bertempat di Suaka Elang, Balai TN Gunung Halimun Salak (TNGHS) melaksanakan Pelatihan Penanganan Satwa Liar bagi petugas lapangan. Salah satu fasilitas rehabilitasi burung elang yang berlokasi di Kampung Loji, Kecamatan Cigombong, Bogor. Kegiatan ini terlaksana melalui kerjasama dengan PT. Antam Tbk.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, Suaka Elang kerap menerima satwa serahan dari masyarakat. Merespon perkembangan positif ini, Halimun Salak dituntut memahami teknik penanganan satwa tersebut, fokus pelatihan ini adalah menangani satwa khususnya jenis raptor.

Dian Tresno Wikanti, dokter hewan dari Pusat Konservasi Elang Kamojang menjadi narasumber pada pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari pada akhir Oktober 2017 ini. Materi yang disampaikan tidak hanya berupa teori, namun juga langsung dilakukan praktek terhadap satwa aves. Beberapa materi yang disampaikan antara lain SOP terhadap elang yang baru masuk, menangani kesehatan elang, serta menangani satwa dalam masa karantina.

Setelah pelatihan ini, Halimun Salak dipastikan lebih siap menangani setiap satwa yang diterima baik hasil sitaan maupun serahan masyarakat. Bravo KSDAE.

Sumber : Balai TN Gunung Halimun Salak

Foto: @mercusiana @seva_nazar

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini