FGD Master Plan Pemberdayaan Masyarakat Desa Penyangga TN. Kelimutu

Kamis, 26 Oktober 2017

Ende (26/10/2017). Pada tanggal 23-25 oktober 2017 bertempat di aula kantor Balai TN Kelimutu, Kantor Camat Detusoko, dan Kantor Seksi Moni telah dilakukan pembahasan tim pakar dan FGD Masterplan Pemberdayaan Masyarakat Desa Penyangga TN Kelimutu dengan mengundang pakar diantaranya Nurdin Razak (Baluran Ecolodge/praktisi pemberdayaan wisata masyarakat), Hironimus Pala (Direktur LSM Tana Nua), DR. Joseph Alfonsius Gadi Djou (Unversitas Flores) dan Fernando (DMO pengembangan wisata proyek Swisscontact).

Acara FGD tersebut dihadiri mosalaki seluruh desa adat penyangga, seluruh Kepala Desa penyangga, Kelompok binaan (MMP, KK, pokdarwis), Camat sekeliling TN Kelimutu, KPH Ende, Dinas Pariwisata Kab. Ende.

Pada acara ini dipaparkan dokumen pemberdayaan masyarakat TN Kelimutu, diskusi PRA kawasan & sosialisasi rencana pembangunan fasilitas di TN Kelimutu. Rumusan yang dihasilkan adalah: Pemberdayaan harus dilakukan kegiatan pembinaan secara terus menerus dengan narasumber yang berkompeten terkait dengan masalah yang sedang dihadapi oleh kelompok sasaran; Pembangunan pariwisata diawali dari pedesaan dengan dasar potensi yang ada di desa; Masyarakat tetap menjaga kebudayaan adat dengan tidak menjual ke pihak luar; Menghimpun info dari bapak – bapak Mosalaki terkait lokasi budaya di sepanjang jalur tracking harus dilakukan penggalian pendapat dari berbagai pihak dicari kesepahaman dan studi literature yang sudah ada; Pengembangan fasilitas dalam obyek wisata Danau Kelimutu perlu sesuai dengan prinsip sederhana sesuai dengan budaya setempat kalau perlu mengurangi penggunaan semen; Pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TN Kelimutu harus didukung oleh berbagai pihak terutama SKPD-SKPD, LSM dan pihak Pengelola terkait.

 

(Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini