Pemerintah Desa Mulyorejo Dukung Desa Binaan "Baban Lestari"

Selasa, 24 Oktober 2017

Jember, 24 Oktober 2017. Desa Mulyorejo adalah salah satu desa binaan TN Meru Betiri berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor: SK. 80/KSDAE/SET/ KSA.1/2/2017 tentang Penetapan Lokasi Desa Binaan dan Pendamping Pada Daerah Penyangga Kawasan Konservasi. Desa yang berada di Kecamatan Silo ini memiliki Kelompok Kerja Desa Binaan bernama “Baban Lestari”. Kelompok ini terbagi dalam dua lokasi yaitu di Blok Dong Segoro dan Blok Tangki Nol, Resort Baban, SPTN Wilayah III Kalibaru.

Bulan Juni 2017, Balai TNMB telah memberikan bantuan sebanyak 12 ekor kambing etawa yang terdiri dari 10 ekor betina dan 2 ekor jantan, serta pelatihan cara budidaya ternak kambing dari UPT Dinas Peternakan kepada kelompok "Baban Lestari".

Saat ini, di Blok Dong Segoro ada 3 kambing betina yang diternakkan tersebut hamil. Sedangkan kambing lain juga terpelihara dg baik dan sehat. Agar manfaat bisa dirasakan merata oleh setiap anggota maka dalam program ternak ini digunakan sistem bergulir, maksudnya apabila kambing sudah beranak 2 kali akan berganti dengan penerima (anggota) yang lain.

Senin, 16 Oktober 2017. Kepala Dusun Batu Ampar, Misjoto bersemangat untuk meninjau program pemberdayaan masyarakat di Desa Mulyorejo. Kegiatan ini dalam rangka fungsi pengawasan dan pengendalian oleh instansi terkait dalam hal ini dari pemerintahan Desa Mulyorejo. Bersama pendamping desa binaan, M. Andik Boediono, melihat langsung perkembangan ternak kambing etawa di Blok Dong Segoro. Semoga ternak kambing etawa menjadi alternatif mata pencaharian warga, dapat berkembang pesat dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hutan lestari, masyarakat sejahtera.

Sumber : Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini