Penanaman Mangrove Sebagai Wujud Cinta Tanah Air Pramuka Saka Wanabakti TN Matalawa

Selasa, 24 Oktober 2017

Waingapu, 24 Oktober 2017. Satuan Karya (Saka) Wanabakti Laiwangi Wanggameti Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa) melaksanakan Kerja Bakti Pembersihan Pantai dan Penanaman Bakau. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Walakiri-Sumba Timur pada minggu, tanggal 22 Oktober 2017.

Kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan semangat cinta alam kepada putra putri yang tergabung dalam Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka yang kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2017. Sebanyak 58 putra putri Saka Wanabakti Lawangi Wanggameti ikut serta dalam kegiatan Kerja Bakti Pembersihan Pantai dan Penanaman Bakau yang terdiri dari 28 orang Penegak/Anggota dan 25 orang Penggalang/Peminat. Peserta pada kegiatan didampingi Kaka Pamong sebanyak 4 orang.

Adapun rangkaian acara yang telah dilakukan pada kegiatan ini yaitu ibadah bersama sebagai pembuka kegiatan yang merupakan perwujudan dari Dasa Dharma Pertama yaitu Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, dimana setiap derap langkah dan kegiatan Saka Wanabakti tidak pernah luput dari rasa syukur dan takwa kita kepada sang Pencipta. Pembersihan bibir pantai Walakiri dari sampah-sampah anorganik.,Perlombaan memungut sampah dan permainan kekompakan tim. Sebagai agenda terakhir adalah Penanaman bakau, jumlah tanaman bakau yang berhasil ditanam oleh peserta sebanyak 100 anakan. Anakan/bibit bakau ini diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Timur.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat tercipta kader-kader konservasi yang mempunyai semangat tinggi dalam meningkatkan persatuan Indonesia sesuai yang dituangkan dalam Ikrar Sumpah Pemuda, “Bertumpah Darah Satu, Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia, dan Menjunjung Tinggi Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”. Berbeda-beda asal suku dan budaya namun tetap SATU dalam dalam menjaga alam beserta ekosistemnya yang merupakan wujud cinta tanah air Indonesia bagi generasi muda.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini