Apel Siaga Pengendalian Karhutla BBTN Bukit Barisan Selatan

Selasa, 24 Oktober 2017

Sukaraja, Kamis 19 Oktober 2017. Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) menggelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan (karhutla) di Sukaraja Bumi Perkemahan yang berada di SPTN I – BPTN Wil.I pada kamis 19 Oktober 2017. Apel siaga digelar sebagai antisipasi karhutla yang terjadi di kawasan TNBBS yang melibatkan ratusan personil gabungan dari daerah sekitar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Apel Siaga ini selain diikuti oleh para pejabat Eselon III & IV lingkupBBTNBBS juga dihadiri oleh Personil dari TNI, Polri, BPBD, dan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan (Brigdalkarhut) dari Kec. Semaka, Wonosobo, dan sukaraja. Apel juga diikuti dari unsur masyarakat meliputi Masyarakat Peduli Api (MPA) yang merupakan binaan TNBBS

Apel siaga dimulai dengan mendengarkan arahan dari Kepala Balai Besar TNBBS, Ir.Agus wahyudiono dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan serta simulasi penangkapan pelaku pembakar hutan dan lahan. Selain itu Kepala Balai Besar TNBBS juga melakukan dialog dengan para peserta apel.

Ir.Agus Wahyudiono mengungkapkan, apel siaga ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga kawasan hutan, khususnya di wilayah kerja Taman Naional Bukit Barisan Selatan sehingga kawasan hutan tetap terjaga dan terhindar dari bencana kebakaran hutan, Selain itu semua pihak harus ikut mendukung dan bertanggung jawab untuk kegiatan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan.

Kesiapan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan dilakukan dengan cara: Patroli pencegahan kebakaran hutan, sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan melalui kampanye, sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan melalui apel siaga, pembinaan masyarakat peduli api (MPA), dan lain-lain.

Sumber : Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini