BBKSDA Papua Wadahi Kampung Tablasupa Menjadi Kampung Wisata Konservasi

Senin, 23 Oktober 2017

Jayapura, 22 Oktober 2017. Di Kampung Tablasupa yang berada di Distrik Depapre kini menjadi tempat kunjungan wisata menarik di Kabupaten Jayapura. Hal ini seiring pembuatan home stay di rumah masyarakat bekerja sama dengan Pemerintahan Kampung Tablasupa, Kelompok Pecinta Alam A’Memay dan Pemberdayaan Masyarakat Kena Nembey Binaan Balai Besar KSDA Papua.

Ciri khas yang menonjol di kampung ini adalah adanya kampung yang berada di atas laut. Keindahan Laut ini tidak lepas dari beberapa pantai yang berada di atas pasir putih dan terumbu karang yang indah serta adanya site monitoring Burung Cenderawasih Kuning Kecil yang sudah dikelola dengan cukup baik.  Potensi Adat Budaya dan hasil karya-karya kerajinan tangan beberapa suku asli di Kampung Tablasupa menjadi daya tarik yang kuat dalam pengembangan ekowisata berbasis masyarakat adat yang akan dikembangkan lebih baik sesuai kearifan lokal di tempat tersebut.

“Kami berharap dengan pembuatan home stay, kegiatan pemberdayaan masyarakat dan perlindungan satwa endemik Papua menuju Kampung Wisata Konservasi, peluang warga Kampung Tablasupa menjadi peluang wirausahawan semakin besar. Wisatawan yang berkunjung tentunya membuka pasar yang baik bagi warga untuk menjual berbagai hasil karya yang telah diproduksi, “harap Timbul Batubara selaku Kepala Balai Besar KSDA Papua, Sabtu (21/10).

Kepala Bidang Teknis KSDA Papua Ir. Ahmad Yani bersama Kepala Seksi Wilayah I Sarmi Tonci Aibini akan melakukan percepatan dalam pemberdayaan masyarakat. Kampung Tablasupa yang berubah menjadi kampung wisata konservasi ini harus membuat pola pikir warga turut berubah dan tidak hanya berharap dari bantuan saja.

“Tidak selamanya pemerintah terus memberikan bantuan, warga yang ada disini harus belajar terus agar bisa mandiri,” ucap Ahmad Yani.

Sumber : Chandra I. Lumban Gaol - Penyuluh Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini