Kolaborasi BKSDA Jateng Dengan Masyarakat Sekitar TWA Grojogan Sewu

Rabu, 18 Oktober 2017

Karanganyar, 17 Oktober 2017. Social capital resources, menjadi bagian dari hal yang terus diupayakan oleh Balai KSDA Jawa Tengah, dimana hal tersebut terdiri dari trust, norm, dan network yang konsisten mengupayakan tujuan dengan bekerja bersama. Hal ini ditunjukkan dengan telah ditetapkannya Surat Keputusan No. SK.107/IV-K.16/Pwt/2014 tentang Pemberian izin pemanfaatan air (IPA) kepada Forum Peduli Lingkungan Hidup Wana Lawu Lestari di Kawasan Taman Wisata Alam Grojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Forum Peduli Lingkungan muncul atas gagasan tokoh-tokoh masyarakat pemanfaat air dari TWA Grojogan Sewu bersama petugas lapangan Balai KSDA Jawa Tengah. Ide awal atas gagasan tersebut adalah kawasan TWA Grojogan Sewu dan sekitarnya termasuk Gunung Lawu harus dilestarikan supaya tidak terjadi kerusakan hutan, karena apabila hutan rusak makan masyarakat sekitar yang paling dekat dahulu yang akan terkena dampaknya. Saat ini anggota paguyuban sudah mencapai lebih dari 500 orang, jumlah tersebut terus bertambah setiap tahunnya dari awal didirikan terdiri dari 150 anggota.

Forum Peduli Lingkungan Hidup Wana Lawu Lestari beserta Balai KSDA Jawa Tengah telah melaksanakan banyak kegiatan, diantaranya: pembuatan persemaian pohon damar. Pemilihan pohon damar dikarenakan memiliki akar yang kuat dan tahan penyakit, serta cocok ditanam di lokasi Grojogan Sewu. Selain itu dilaksanakan pula penanaman rutin pada musim hujan di lokasi yang masih kosong baik di lokasi maupun di luar kawasan sampai Gunung Lawu. Kegiatan pemeliharaan (pendangiran, penyulaman, pembebasan tanaman pengganggu) tanaman muda juga dilakukan setiap tiga bulan sekali. Juga dilaksanakan kegiatan gotong royong memelihara kebersihan baik di dalam maupun di luar kawasan.

Sumber : Balai KSDA Jawa Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini