Peningkatan Nilai METT TN Sembilang

Rabu, 18 Oktober 2017

Palembang, 17 Oktober 2017. Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang (BTNBS) bekerjasama dengan Zoological Society of London (ZSL) sebagai mitra kerja BTNBS melalui Project Tiger GEF–UND menyelenggarakan penilaian METT kawasan TN Sembilang Tahun 2017 pada tanggal 16-17 Oktober 2017 di Emelia Hotel Palembang.

Acara penilaian METT ini dihadiri oleh stakeholder terkait dalam pengelolaan kawasan TN Sembilang (Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Universitas Sriwijaya, BKSDA Sumatera Selatan, BPKH Wilayah II Palembang, ZSL, stakeholder terkait (PT. SHP, PT. TPJ, PT. RHM, PT. Raja Palma), Kepala Desa Karang Sari, Kepala Dusun Sembilang, Alan Rosehan (eks Sembilang) dan Nurhadi (eks sembilang).

Acara penilaian secara resmi dibuka oleh Kepala Balai Taman Nasioanal Berbak dan Sembilang Ir. Pratono Puroso, MSc, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait METT oleh Rudijanta Nugraha sebagai NPM Tiger Project GEF-UNDP dan Wenda (Direktorat KK) sebagai Fasilitator penilaian METT.

Sebelum melakukan penilaian, Kepala Balai dan Fasilitator menekankan agar tidak terjebak dengan nilai yang ingin dicapai tetapi lebih kepada proses penilaian dan mengidentifikasi ruang-ruang perbaikan pengelolaan .

Penilaian METT dilakukan dengan metode FGD dimana setiap peserta merupakan narasumber yang memilki argumen, pengalaman dan pemahaman masing-masing untuk menentukan nilai.

Pada tahun 2015 penilaian METT kawasan TN sembilang sebesar 62% sesuai dengan SK Dirjen KSDAE Nomor : 357//KSDAE-SET/2015 tanggal 31 Desember 2015, pada tahun 2017 dari hasil penilian METT kawasan TN Berbak dengan total penilian 61 dengan uraian konteks 100 %, perencanaan 78 %, input 67 %, Proses 61 %, output 17 % dan outcame 89 % dengan nilai akhir penilaian METT TN Sembilang tahun 2017 sebesar 66 %. Nilai tersebut meningkat sebesar 4 % dari nilai yang sebelumnya telah ditetapkan pada tahun 2015.

Sumber : Balai TN Berbak dan Sembilang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini