Pembalakan Liar Dan Upaya Penanganan Yang Dilakukan Di SPTNW II Ambulu-TN Meru Betiri

Selasa, 17 Oktober 2017

Jember (17/10/2017). Tim patroli darat SPTNW II Ambulu yang dipimpin langsung oleh Kepala SPTNW II Ambulu Agus Setyabudi,S.Hut.,M.Sc. beberapa hari yang lalu, pada hari Selasa dan Rabu tanggal 10-11 Oktober 2017 melakukan patroli darat di blok Nanggelan dan Donglo masuk dalam wilayah kerja Resort Wonoasri, SPTNW II Ambulu. Penemuan tunggak-tunggak pohon menjadi pemandangan yang memprihatinkan. Selama patroli tidak menjumpai seorangpun pelaku, karena mereka memang sudah tidak berada di TKP (diduga patroli sudah terdeteksi pelaku). Ditemukan sebanyak 30 tunggak pohon jenis rimba dengan diameter 40 -126 cm.

Jika dilihat dari bekas-bekas di sekitar TKP, modus operandi yang digunakan para pelaku dengan jalan memotong pohon-pohon dengan menggunakan chain saw dan selanjutnya mengangkutnya dengan kendaraan motor roda 2. Mereka melakukan aksi pada malam atau dini hari. Jaringan pelaku diduga adalah jaringan cukong kayu besar Desa Andongrejo dan Curah Nongko.

Upaya yang telah dilakukan petugas selama ini antara lain : anjangsana kepada tokoh masyarakat, penyuluhan, patroli sampai dengan operasi tangkap tangan. Upaya yang dilakukan mulai bulan Januari s/d Oktober telah berhasil melakukan tangkap tangan terhadap pelaku illegal loging khususnya di SPTNW II Ambulu sebanyak 3 kasus (2 kasus sudah vonis Pengadilan Negeri Jember dan 1 kasus telah P 21). Disamping itu sebanyak 4 unit gergaji mesin telah diamankan, 1 truk disita (saat ini telah diserahkan kepada pemilik berdasarkan putusan PN Jember) serta beberapa meter kubik kayu rampasan dan sitaan yang diamankan.  Namun dari operasi tangkap tangan yang dilakukan dan pengembangan penyidikan belum bisa menyentuh kepada cukong sebagai otak perusakan hutan. Segala upaya telah dilakukan dan tentunya dengan keterbatasan SDM yang ada belum mampu menjangkau cukong karena mereka sangat licin bagai belut. Namun upaya tidak akan pernah berhenti sampai “hutan lestari”.

Sumber: BTN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini