BKSDA Kalbar Serahkan Lima Individu Owa Ke BKSDA Kalteng

Jumat, 13 Oktober 2017

Rabu (11/10/2017) Pukul 12.45 WIB, Balai KSDA Kalimantan Barat menerima kedatangan Satgas TSL Balai KSDA Kalimantan Tengah Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Muara Teweh dalam rangka penjemputan satwa Owa/Klempiau (Hylobates muelleri) sebanyak 5 (lima) ekor yang berada di kandang transit Balai KSDA Kalimantan Barat.

Satwa tersebut merupakan hasil penyerahan masyarakat ke Seksi Konservasi Wilayah II Sintang, Balai KSDA Kalimantan Barat. Penyerahan hewan dilindungi ini mengindikasikan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa, serta animal welfare. Tingginya kesadaran masyarakat  sekaligus mencerminkan hasil dari upaya konservasi yang selama ini telah dilakukan, baik secara preventif – persuasif (Patroli, Sosialisasi, Penyuluhan) maupun represif (Penegakan hukum) yang akan terus dilakukan.

Penyerahan Satwa tersebut diawali dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Satwa  oleh Bapak Sadtata Noor Adirahmanta, S.Hut, M.T. (Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat) selaku pihak yang menyerahkan dan Kepala SKW III Muara Teweh Bapak Nizar Adhanianto, S.Hut, MPA selaku pihak yang menerima.

Penyerahan satwa Owa ini merupakan yang ketiga kalinya dari Balai KSDA Kalimantan Barat ke  Balai KSDA Kalimantan Tengah sepanjang  tahun 2017 ini. Satwa Owa tersebut akan menjalani rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Yayasan Kalaweit di Dusun Pararawen, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah. Perjalanan yang akan ditempuh ke Pusat Rehabilitasi Yayasan Kalaweit adalah ±30 jam, perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan namun tidak mengurangi semangat dan niat tim satgas TSL demi kelestarian satwa.

“ Mari Kita Jaga dan Lestarikan Satwa Liar “

Penulis : Tim Gugus tugas TSL Balai KSDA Kalbar

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini