Operasi Gabungan Jagawana Balai TN Bogani Nani dan Polres Bolmong

Kamis, 12 Oktober 2017

Kotamobago (12/10/2017). Jagawana Balai TNBNW dan Polres Bolaang Mongondow menggelar operasi gabungan. Operasi ini di lakukan karena adanya  laporan intelijen dari petugas lapangan dan aduan dari masyarakat. Tim yang di pimpin oleh Kepala Seksi Wilayah II Dolouo Bapak ST. Agung Triono Hermawan, S.Si, M.Sc,ir .Tim yang berjumlah 10 orang langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian di Bendungan Kosinggolan setelah melakukan breafing di kantor balai.
Tim berhasil mengamankan 1 unit kendaraan truk Hino Dutro warna hijau dan kayu olahan berbagai jenis sebanyak 2,872 m2 dengan  2 orang pelaku yang di duga sebagai tersangka bernama Mulyadi umur 45 tahun warga desa Uuwan Kec. Dumoga Barat Kab. Bolaang Mongondow sebagai pemilik kayu dan Robert bonde ( PNS aktif) umur 53 tahun warga desa Doloduo , Kec. Dumoga Barat , Kab. Bolaang Mongondow, sebagai sopir sekaligus pemilik kayu. TKP berada di pinggir kasawan yaitu dibendung kosinggolan Desa Doloduo Kec. Dumoga Barat Kab. Bolaang Mongondow. Pelaku di tahan dan di serahkan di Polres Bolaang Mongondow beserta barang bukti.
Dari hasil penyidikan bersama antara PPNS Balai TNBNW dan penyidik polres Bolmong yang di lakukan kayu ini direncanakan akan di kirim ke daerah manado dan sekitarnya karena tingginya permintaan pasar serta harga yang  menjanjikan hal ini yang menjadi daya tarik para pelaku illegal loging. Kayu ini di duga kuat berasal  dari dalam kawasan TNBNW dengan cara membeli dari masyarakat yang mengolah kayu di dalam kawasan TNBNW . Wilayah SPTN II Doloduo merupakan daerah yang paling rawan terhadap kejahatan illegal loging di bandingkan SPTN I  Limboto dan SPTN III Maelang.
Upaya ini di harapkan mampu mengurangi tindak pidana kajahatan TIPIHUT serta tekanan terhadap kawasan khususnya di TN BNW. Upaya ini di harapkan memberikan pelajaran/ shock terapi khususnya bagi pemodal besar yang merusak kawasan dengan memanfaatkan masyarakat sekitar.Dukungan berbagai pihak serta tim yang solid adalah kunci keberhasilan. Upaya yang di lakukan dalam hal ini disampaikan melakukan oparasi juga penyuluhan serta pendekatan kepada masyarakat dan stakeholder di harapkan mampu membangun sinergi antar pemangku kepentingan sehingga keberadaan Kawasan TNBNW yang lestari yang bermanfaat bagi masyarakat dapat terwujud.
 
Sumber : TN Bogani Nani Wartabone
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini